MENU TUTUP

Capaian Hak Pendidikan Anak Disabilitas Rendah, Plt Kadisdik: Ini yang Dilakukan Disdik Riau

Kamis, 02 Juni 2022 | 09:40:04 WIB | Di Baca : 1737 Kali
Capaian Hak Pendidikan Anak Disabilitas Rendah, Plt Kadisdik: Ini yang Dilakukan Disdik Riau

 

Seriau,- Dinas Pendidikan Provinsi Riau berusaha menaikan Angka Partisipasi Murni (APM) dan Angka Partisipasi Kasar (APK) bagi anak Disabilitas di Provinsi Riau. Mengingat capaian hak pendidikan anak disabilitas di Riau masih rendah.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau M Job Kurniawan mengatakan salah satu usaha Disdik Riau gencar mensosialisaaikan pentingnya pendidikan bagi anak penyandang disabilitas kepada orangtua. Disdik juga meminta kepada orangtua jangan minder dan malu menyekolahkan anak penyandang disabilitas di sekolah luar biasa. Mereka juga berhak mengenyam pendidikan sama dengan anak normal lainnya. 

Anak penyandang disabilitas ini juga punya kemampuan dan percaya diri yang tinggi. Mereka bisa mandiri dan bersosialisasi dengan lingkungan." Oleh sebab itu saya menghimbau kepada orangtua yang mempunyai anak disabilitas agar bisa menyekolahkan anak anak ke SLB," kata M Job Kurniawan, saat menutup LKSN PDBK, Rabu (1/6) malam di Hotel Furaya Pekanbaru. 

Selain itu, kata Job Kurniawan, Disdik Riau terus mengelar berbagai perlombaan siswa berkebutuhan khusus seperti FLS2N, LKSN dan O2SN. Lomba ini membuktikan, Disdik memberikan apresiasi kepada siswa penyandang disabilitas." Dengan mengelar berbagai lomba ini, orangtua akan tertarik menyekolahkan bagi anak penyandang disabilitas di sekolah luar biasa (SLB)," kata M Job 

Saat ini jumlah SLB di Riau sebanyak 47 sekolah negeri dan swsata. Job menilai, jumlah SLB di Riau cukup untuk menampung anak penyandang disabilitas yang ingin bersekolah. Semakin tinggi anak disabilitas bersekolah akan menaikan angka APK dan APM." Saat ini APM dan APK pemenuhan hak pendidikan anak penyandang disabilatas masih cukup rendah sekitar 25 persen. Sedangkan di sekolah umum SMA dan SMK cukup tinggi mencapai 80 persen," kata mantan Sekda Rohil ini.

Kata Job, saat menutup LKSN PDBK kepada siswa yang mewakili Riau di LKSN bisa mengharumkan nama Riau ditingkat nasional. Tunjukan bahwa anak anak Riau bisa berprestasi di tingkat nasional. Walaupun lomba LKSN tingkat nasional masih daring, siswa harus tetap semagat." Saya kagum dengan hasil lomba LKSN anak berkebuuhan khusus mulai dari menjahit, tata kecantikan dan membatik hasilnya sangat luar biasa. Mereka ini sangat luar biasa dan berprestasi," kata Job (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H

5

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H