MENU TUTUP

Pahmijan: Disdik Riau Bekali 67 Guru Pendidikan Khusus

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:37:25 WIB | Di Baca : 1393 Kali

 

Seriau,- Dinas Pendidikan Provinsi Riau melalui Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus melaksanakan Pelatihan Pembekalan Guru Pendidikan Khusus (GPK) se Provinsi Riau, Kamis, (12/5) hingga, Sabtu, (14/5) di Hotel New Hollywood.

Kegiatan yang diikuti 67 peserta dari 12 kabupaten/ kota di Riau ini dibuka oleh Kepala Bidang PKPLK Disdik Riau, Pahmijan.MPd, mewakili Kadisdik Riau.

Dihadapan peserta, Pahmijan mengatakan bahwa pembekalan guru pendidikan khusus ini penting dilakukan dalam upaya peningkatan kompetensi guru pendidikan yang mengajar di sekolah inklusi yang mempunyai anak berkebutuhan khusus. Sebab, guru yang mengajar di sekolah inklusi perlu dibekali pedagogik ilmu tentang anak berkebutuhan di sekolah.

" Oleh sebab itu, perlu peningkatan kompetensi bagi guru dalam melayani anak berkebutuhan khusus pada sekolah yang menyelenggarakan pendidikan inklusi, baik dalam pembelajaran maupun praktik." kata Pahmijan, belum lama ini di Pekanbaru.

Disisi lain, Pahmijan juga menyampaikan pentingnya pendidikan vokasi bagi sekolah luar biasa atau pun sekolah yang menyelenggarakan anak berkebutuhan khusus. Untuk tahap awal ini,  pendidikan vokasi yang diberikan kepada guru guru SLB. Dirinya berharap seluruh SLB di Riau akan dibekali oleh pendidikan vokasi. Ini penting bagi siswa setelah taman mereka punya keahalian yang mereka miliki. Sebab, tidak semua siswa SLB mempunyai kekurangan namun mereka juga punya kelebihan bahkan lebih kreatif dari siswa normal. Pendidikan vokasi ini membuka peluang bagi siswa SLB supaya hidup mandiri. 

Pahmijan mencontohkan, siswa kebutuhan khusus tuna runggu, mereka bisa membuka salon kecantikan, menjahit dan memasak." Itu sebabnya pendidikan vokasi ini, harus diberikan kepada siswa siswa SLB. Tapi terlebih dahulu, guru guru SLB harus diberi pelatihan untuk meningkatkan kompetensinya," sebut Pahmijan (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

5

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman