MENU TUTUP

LPPM Umri Gelar Bimtek Pendalaman Tugas Pimpinan dan Anggota DPRD Siak

Senin, 18 April 2022 | 14:36:38 WIB | Di Baca : 1654 Kali
LPPM Umri Gelar Bimtek Pendalaman Tugas Pimpinan dan Anggota DPRD Siak

 

Seriau,- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi seluruh pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Siak di Hotel Premier Pekanbaru terhitung sejak tanggal 15 April hingga 18 April 2022. Bimtek kali ini fokus tentang pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Siak. 

Ketua LPPM Umri, Dr. Aidil Haris, M.Si mengatakan Bimtek untuk DPRD Kabupaten Siak mengangkat tema “Kebijakan Undang-Undang Nomor 1 tahun 2022 tentang Hubungan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah serta Peran dan Fungsi Alat Kelengkapan Dewan. Tema ini diarahkan agar seluruh pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Siak mampu mendalami tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat. 

“Oleh karena itu, pada sesi Bimtek kali ini kami menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan dari internal Universitas Muhammadiyah Riau untuk pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Siak sesuai dengan tema yang diangkat,” jelas Aidil.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan, SE dalam sambutannya saat pembukaan acara mengatakan Bimtek ini diselenggarakan untuk mendalami dan meningkatkan sumber daya manusia pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Siak. Kegiatan ini rutin dilakukan agar pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Siak mampu memaksimalkan perannya sebagai wakil rakyat. 

“Melalui Bimtek ini, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Siak mampu mendalami tugas dan perannya sebagai wakil rakyat sehingga fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan dapat dimaksimalkan,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Muhammadiyah Riau, Dr. H. Saidul Amin, MA mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Siak kepada LPPM Umri untuk pelaksanaan Bimtek Pendalaman Tugas Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Siak. Menurutnya, kegiatan Bimtek ini merupakan bagian dari Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, yakni pengabdian kepada masyarakat. 

“Dengan diselenggarakannya Bimtek ini, tentu kami berharap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Siak dapat mendalami tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat,” ucap Saidul Amin. 

Hadir sebagai pembicara pada Bimtek pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Siak diantaranya dari Kementerian Dalam Negeri (Keendagri), Vivin Gunawan dan Dr. Aidil Haris, M.Si dari Universitas Muhammadiyah Riau. Adapun materi Bimtek yang dibahas diantaranya tentang Sosialisasi UU No. 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Mekanisme Hubungan DPRD dan Pemerintah Daerah dalam menciptakan Pembangunan Daerah, Peran dan Fungsi Alat Kelengkapan Dewan serta Desain Politik LOkal dan Isu Strategis Pemilu 2024. (rls)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid