MENU TUTUP

Dosen Teknik UIR Raih USD 5000 pada Grand Internasional JASTIP Jepang

Senin, 04 April 2022 | 20:21:53 WIB | Di Baca : 2619 Kali
Dosen Teknik UIR Raih USD 5000 pada Grand Internasional JASTIP Jepang

 

Seriau,- Dosen prodi teknik informatika Universitas Islam Riau mendapatkan dana penelitian sebesar USD 5000 pada Grand Internasional dari Japan-Asean Science, Technology and Innovation Platform (JASTIP) dengan proposal penelitian yang berjudul “Analysis of Haze Concentration in Particulate Matter (PM 2.5) caused by Forest Fires for Smart City based on Internet of Things Technology”.

Diketuai oleh Dr Evizal ST Meng, berkolaborasi dengan tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Jepang, dari 100 lebih proposal yang masuk, yang diterima hanya 31 proposal penelitian, dan Universitas Islam Riau berhasil masuk dalam salah satu proposal yang diterima tersebut. Adapun perguruan tinggi kolaborasi dari Universitas Islam Riau (UIR) Indonesia, Universitas Teknologi Malaysia (UTM) Malaysia, dan Kyoto University, Japan.

Dalam penelitian ini nanti nya aka nada nama-nama perwakilan dari ketiga perguruan tinggi tersebut yaitu Dr Arbi Haza Nasution mewakili Universitas Islam Riau, Prof Dr Sharul Kamal Abdul Rahim mewakili Universiti Teknologi Malaysia, dan Prof Dr Shoichiro Hara mewakili Kyoto University Japan.

Dengan terpilihnya proposal yang diajukan oleh akademisi Universitas Islam Riau ini dan mendapatkan dana untuk pelaksanaan program tersebut maka diharapkan UIR sebagai salah satu perguruan tinggi serta institusi pendidikan dapat berkonstribusi secara umum dan khusus dalam kemajuan penelitian dan pendidikan sesuai dengan Misi UIR yaitu menyelenggarakan penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bereputasi internasional.

Dekan Fakultas Teknik UIR Dr Eng Muslim ST MT dalam wawancaranya menyampaikan “atas keberhasilan dosen teknik UIR mendapat pendanaan penelitian dari luar negri semoga dapat menambah kerjasama dan kolaborasi khususnya penelitian antara UIR dan beberapa universitas di luar negri agar kegiatan penelitian semakin bermanfaat dan semakin bertafar internasional sesuai dengan visi UIR menjadi Universitas berkelas dunia. Ini juga tentunya menjadi acuan semangat yang tinggi bagi dosen lainnya.

Dengan adanya colaboration research ini, tentu menjadi publikasi bersama, baik bagi kita UIR-Indonesia, Malaysia ataupun Jepang. Karena, jika pihak Malaysia atau Jepang membuat penelitian ini maka akan tercantum nama UIR-Indonesia, begitupun sebaliknya jika UIR melakukan penelitian ini maka otomatis akan tercantum nama Malaysia dan Jepang dalam penelitian tersebut, tambah Muslim

JASTIP atau Japan-Asean Science, Technology, and Innovation Platform  adalah sebuah platform atau wadah untuk mendukung  inovasi di bidang ilmu pengetahuan dan riset, serta untuk mempercepat pencapaianw outcome dalam mendukung Sustainable Development Goals (FDGs). JASTIP juga dapat diartikan simbol kolaborasi sains dan teknologi antara Jepang dengan berfokus kepada  negara-negara Asia Tenggara yaitu ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand yang diharapkan dapat berkontribusi untuk mempromosikan penelitian kolaboratif dan pemberian hibah penelitian bagi para akademisi serta peneliti di negara Asia Tenggara (rls/zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid