MENU TUTUP

SMAN 4 Pekanbaru Gelar Tausiah Sambut Bulan Suci Ramadhan 1443H

Jumat, 01 April 2022 | 16:48:20 WIB | Di Baca : 2755 Kali
SMAN 4 Pekanbaru Gelar Tausiah Sambut Bulan Suci Ramadhan 1443H

 

Seriau,- Keluarga besar SMAN 4 Pekanbaru menggelar tausiah agama menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 H/ 2022 M

Ceramah Agama tersebut disampaikan oleh  Ustazd.H.Sofyan ,S.Kom (Ust.Tanjak). Kegiatan berlangsung tertib dan interaktif yang diikuti oleh para guru dan peserta didik yang bertempat di Mushalla sekolah, Rabu(30/3).

Dalam tausiahnya ustadz Sofyan menjelaskan tentang sikap dan mental kaum Muslimin mempersiapkan diri ketika datangnya bulan Ramadhan." Selaku orang yang beriman kita semua hendaknya bersikap suka cita dan bergembira datangnya bulan yang agung. Kata Rasul, Barang siapa yang senang dan gembira datangnya Ramadhan, maka diharamkan jasadnya oleh api neraka," jelas Ustadz.

Lebih jauh ustadz Sofyan mengingatkan kepada para guru dan siswa sebelum masuknya bulan Ramadhan hendaknya dapat mempersiapkan diri dengan membersihkan diri, membersihkan hati, membersihkan lingkungan, memperbanyak ibadah dan menjalin silaturrahmi.

Selain itu, ustadz  juga menjelaskan agar jama'ah meluruskan niat ibadah karena Allah, menjaga kesehatan fisik, karena ibadah puasa dan sholat Tarweh membutuhkan fisik yang prima dan mempersiapkan harta untuk berinfak, wakaf, zakat dan sedekah.

Diakhir tausiahnya ustadz Sofyan menyarankan agar puasa dapat diterima oleh Allah, selain rukun dan syaratnya, kaum muslimin hendaknya meminta maaf kepada sesama yakni antar anak dan orang tuanya, suami dan isteri dan sesama tetangga.

" Agar puasa kita diterima oleh Allah, sebelum masuk bulan suci ini marilah kita saling berma'af-ma'afan. Seorang anak minta maaflah kepada kedua orang tuanya, seorang isteri kepada suami dan sebaliknya suami kepada isterinya demikian pula kita meminta ma'af kepada tetangga dilingkungan tempat kita berdomisili. Dengan demikian masuk bulan suci, hati kitapun suci dari dosa dan noda," terang Ustadz.

Kepala SMAN 4 Pekanbaru Hj.Yan Khoriana, MPd  beserta majelis guru dan peserta didik antusias dan interaktif berdialog dengan Ustadz Sofyan terkait pelaksanaan ibadah yang benar dan memperdalam ilmu aqidah. Kegiatan diakhiri dengan saling berma'afan dan makan bersama. (zal).


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Benny Langsung Sembelih Hewan Kurban, SMAN 13 Pekanbaru Potong 4 Hewan Kurban

2

Kurikulum Merdeka Ditanah Air, Memerdekakan Pendidikan Ditanah Melayu

3

Buka Tutup. Gelper di Dumai Jadi Lahan Mencari Uang Setoran

4

Suwandi Pimpin Rapat Persiapan Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban

5

Gelar Aksi Bersih dan Olah Sampah, PLN Berkolaborasi dengan Masyarakat Pelestari Lingkungan serta Perkumpulan Pengelola Sampah dan Bank Sampah Nusantara di Pekanbaru