MENU TUTUP

Siswa SMKN 3 Pekanbaru Sudah Bisa Ikut Uji Kompetensi Sejak Semester 3

Rabu, 16 Maret 2022 | 22:39:16 WIB | Di Baca : 3260 Kali
Siswa SMKN 3 Pekanbaru Sudah Bisa Ikut Uji Kompetensi Sejak Semester 3

 

Seriau,- Menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1) memiliki keuntungan bagi SMKN 3 Pekanbaru. Melalui program skill pasport, seluruh siswa SMKN 3 Pekanbaru dapat mencicil kewajibannya mengikuti uji kompetensi mulai semester 3. 

" Inilah salah satu keuntungan sekolah yang sudah LSP P1 dapat menyelenggarakan uji kompetensi keahlian pada siswanya sejak semester 3. Bahkan, tak perlu menunggu siswa menuntaskan semua materi pelajarannya di sekolah.Tiap satu skema selesai, mereka bisa langsung diuji oleh asesor," kata Kepala SMKN 3 Pekanbaru, Hj Rita Johan SPd MM, Rabu (16/3) di Pekanbaru.

Menurut Rita, selain dapat mencicil mengikuti uji kompetensi siswa, keuntungan lainnya, siswa tidak terlalu lelah menjalaninya dibanding jika semuanya dilakukan diakhir masa pendidikan. Di SMKN 3 Pekanbaru ada delapan keahliah yang mempunyai LSP P1 yakni perhotelan, tata boga, tata busana, usaha perjalanan wisata, multimedia, desain fashion, spa dan beauty therapy serta tata kecantikan.

Siswa SMKN 3 Pekanbaru sudah 496 siswa diuji sesuai skema yang dituntaskan. Dari ratusan siswa itu, jurusan desain fashion telah menyelesaikan seluruh skema. Sementara jurusan lain tinggal menyelesaikan satu atau dua skema saja." Bagi siswa yang belum menuntaskan skema akan kita tuntaskan april atau sebelum pengumuman kelulusan sekokah," kata Rita.

Rita menegaskan, pola pembelajaran di SMK saat ini memang berbeda dengan dahulu. Karena, sekolah-sekolah memiliki kewenangan membuat kurikulum sesuai kondisinya masing-masing.  Hal itu menjadi esensi dari Merdeka Belajar yang digaungkan Kemendikbud.

Sementara, Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Riau, Rinaldi MPd menjelaskan bahwa, dengan berstatus LSP P1, SMKN 3 Pekanbaru dapat menggelar sertifikasi kompetensi kerja terhadap peserta pendidikan/pelatihan berbasis kompetensi pada siswanya. 

Hal ini juga membuka peluang sekolah go internasional. Karena dengan sertifikat yang diterbitkan, sekolah berpeluang bekerjasama dengan lembaga-lembaga di luar negeri. Walaupun saat ini, sertifikat yang diterbitkan levelnya masih nasional.

Rinaldi menceritakan ada guru Desain Fashion di SMKN 3 Pekanbaru yang telah menjalin kerjasama dengan pihak ketiga di Jepang. Hal ini sebagai penanda adanya peluang bagi sekolah itu untuk go internasional. Semua itu dimungkinkan dengan semangat Merdeka Belajar. Dimana, kini SMK dberi kewenangan mempersiapkan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) sesuai dengan kemampuannya." Inilah yang mesti didorong oleh Dinas Pendidikan agar diikuti oleh SMK lain," kata Rinaldi. (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid