MENU TUTUP

Tahun Kedua SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru Jadi Sekolah Pusat Keunggulan

Sabtu, 19 Februari 2022 | 07:12:34 WIB | Di Baca : 3246 Kali
Tahun Kedua SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru Jadi Sekolah Pusat Keunggulan

 

Seriau,- Untuk kedua kalinya SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru menjadi sekolah Pusat Keunggulan (PK). Sebelumnya, ditahun 2021, SMK yang populer dengan nama SMK Mutu ini juga dijadikan sebagai sekolah pusat keunggulan dengan Jurusan Otomotif.

Ditahun 2022 ini, SMK Mutu kembali menjadi sekolah pusat keunggulan." Kita kembali mendapatkan lanjutan predikat sebagai sekolah Pusat Keunggulan dengan jurusan yang sama yakni Otomotif," kata Kepala SMK Muhamadiyah 1 Pekanbaru Algafar, Jumat (18/2) di Pekanbaru

Algafar mengatakan sebagai sekolah Pusat Keunggulan bidang otomotif, sekolah yang dipimpinnya akan menjadi rujukan dan percontohan bagi sekolah lain dalam pelajaran otomotif. 

Tidak hanya pengakuan disatu bidang ilmu saja, sekolah yang menjalankan program Pusat Keunggulan akan mendapatkan bantuan dari Kementerian berupa sarana prasarana, peralatan yang dibutuh oleh jurusan otomotif." Nanti tidak hanya jurusan otomotif, juga akan mengimbas pada jurusan lainnya yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru," kata Algafar

Sekolah Pusat Keunggulan yang disandang SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru, kata Algafar, perubahan mendasar pada kurikulumnya. Dimana, ada beberapa kurikulum  yang mengadopsi dunia industri.  SMK Mutu jurusan otomitif telah  bekerja sama perusahaan besar Mitsubishi melalui tiga dealer yakni Suka Fajar, PT Divo dan Mitsubishi Berlian Nusantara. Kerjasama yang dibangun dalam hal peningkatan mutu guru serta mendatangkan guru tamu dari Mitsubishi dan lain sebagainya.

" Kalau bantuan tahun pertama penetapan sebagai sekolah pusat keunggukan, hanya pelatihan non fisik seperti peningkaran mutu, pelatihan guru di Mitsubushi. Berdeda dengan sewaktu menjadi CoE bantuan yang diberikan berupa renovasi workshop dan peralatan," katanya

Dengan predikat sekolah PK, kata Algafar, diharapkan semua jururan yang ada di SMK Mutu harus memakai kurikulum PK misalnya Elektronika, Listrik, Mesin, Perhotelan. Dimana SMK Mutu tidak hanya unggul di jurusan otomotif saja, tetapi semua jurusan.

" Jadi kepala sekolah punya peran penting dalam menjadikan semua jurusan sebagai pusat keunggulan. Itu sebabnya, jika sekolah yang telah menjadi pusat keunggulan biasa tidak boleh digantikan. Memgingat program sekolah pusat keunggulan berjangka selama 4 tahun," terang Algafar (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid