MENU TUTUP

Gubri dan Rektor Launching Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI. Ini Target Umri.

Rabu, 26 Januari 2022 | 18:11:30 WIB | Di Baca : 2342 Kali
Gubri dan Rektor Launching Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI. Ini Target Umri.

 

Seriau,- Launching penerimaan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) sangat istimewa. Gubernur Riau, H Syamsuar.MSi bersama rektor dan wakil rektor 1 secara serentak menekan tombol dibuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023.

Rektor Umri, DR Saidul Amin.MA mengatakan, Umri tahun ini berencana menerima sebanyak 3.005 mahasiswa baru. Sedangkan BPH Umri menargetkan 3.500 mahasiswa.  Namun dengan target tersebut, Umri masih kekurangan kelas perkuliahaan." Saat ini Umri butuh 40 ruang perkuliahan. Oleh sebab itu, saya berharap bantuan dari gubernur yang juga bagian dari Badan Pembina Harian (BPH) Umri untuk membangun ruang perkuliahan," kata Saidul, Rabu (26/1)

Rektor mengatakan untuk membangun 40 ruang kelas perkuliahan, keuangan Umri sangat terbatas. Karena itu, Umri membutuhkan dukungan dari luar." Kalau sekadar membangun pakai SPP dan uang pinjaman, semua bisa. Tapi bagaimana kita bisa mencari potensi APBD, APBN, wakaf, hingga bantuan luar negeri, itulah yang kita butuhkan," kata Rektor.

Tidak hanya ruang perkuliahan, kata Saidul, Umri masih kekurangan ruang perpustakaan. Kondisi ini tak bisa dibiarkan berlama-lama karena perpustakaan adalah jantung universitas. Untuk itu, disamping bantuan dari APBN dan APBD, Umri menggagas membangun gedung lewat program wakaf." Kalau terjadi, ini luar biasa. Karena itu sudah menjadi wakaf yang baik," kata dia.

Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar merespon rencana pembangunan ruang kelas lewat wakaf. Menurut Syamsuar, dia ingin berkontribusi juga pembangunan ruang kelas dengan program wakaf tersebut. Menurut dia peran Umri mendukung pendidikan sangat penting. Bila dilihat dari tahun berdirinya, Umri memang relatif muda." Kampus ini sudah berkembang pesat hingga telah ada di urutan 4 besar. Umri juga sudah banyak menorehkan prestasi dalam publikasi karya dosen, hibah studi, prestasi mahasiswa," kata Syamsuar.

Dikatakan Gubri, Pemprov Riau telah menyalurkan bantuan beasiswa prestasi, bidik misi dan beasiswa mahasiswa tidak mampu dengan anggaran Rp88.787.722.000. Di Umri 748 orang penerima. Terdiri dari 310 bidik misi, 346 beasiswa prestasi dan 92 orang beasiswa tak mampu. "Ini komitmen kami memajukan pendidikan di Riau. Ini di luar bantuan untuk dosen," katanya.

Ke depan Pemprov Riau akan terus membuka bantuan beasiswa bagi mahasiswa, dosen dan siswa. Termasuk, bantuan beasiswa untuk suku Anak Dalam yang sekarang sudah ada yang menempuh pendidikan tinggi.

Selain launching penerimaan mahasiswa baru, di kesempatan yang sama gubernur juga meresmikan Pojok Lazismu yang ada di lantai dasar gedung utama Umri. Sebelumnya juga ada penyerahan beasiswa kepada perwakilan mahasiswa Umri. (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

NasDem Usung H Bistamam - Jhony Charles bertarung di Rokan Hilir

2

PPDB Jalur Bosda Afirmasi SMA/SMK Swasta Diperpanjang Hingga 10 Juli

3

15 Anak Autis Ikut Khitanan Massal IDI Cabang Pekanbaru dan ULD Disdik Riau

4

Dua Bersaudara Perenang Riau Aquatic Pekanbaru Raih Medali Emas di Brunei

5

35 Siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru Berkemajuan Lulus SNBT, Dua Siswa Lulus Kedokteran UGM dan UNAND