MENU TUTUP

UMRI Wisudakan 930 Lulusan, Edy: Soft Skill Harus Dikuasai Lulusan

Sabtu, 27 November 2021 | 23:02:02 WIB | Di Baca : 1962 Kali
UMRI Wisudakan 930 Lulusan, Edy: Soft Skill Harus Dikuasai Lulusan

http://www.umri.ac.id

Seriau,- Wakil Ketua Majelis Litbang Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Edy Suwandi Hamid mengatakan lulusan UMRI harus lebih mengusai soft skill dan hard skil. Sebab, keberhasilan seseorang saat ini diukur dari soft skill-nya dan bukan sekadar hard skill. Justru soft skill seperti kecakapan berkomunikasi, berinteraksi, tata Krama, jujur, disiplin itu yang banyak digunakan di lingkungan kerja dan masyarakat.

" Ini yang perlu ditanamkan kepada mahasiswa terus memperdalam soft skill lulusan," kata Edy yang hadir secara daring pada pada Wisuda Umri, Sabtu (27/11).

Edy juga mengatakan dengan diwisuda 930 lulusan Umri menandakan bahwa telah lahir kembali intelektual Islam di Riau. Karena, lulusan UMRI tak sekadar dibekali ilmu umum sesuai Prodinya. Tapi juga wajib mengikuti pembelajaran soal Islam dan Kemuhammadiyahan." Dengan sudah diwisuda akan bertambah ilmu, bertambah pengetahuan dan bertambah wawasan diharapkan bisa diimplementasikan dan bisa membahagiakan orang di sekitar dan orang lain," katanya.

Pandemi Covid-19 ini, kata Edy, memang sangat tidak menguntungkan bagi para wisudawan. Karena, pandemi mempengaruhi sejumlah sendi kehidupan. Termasuk dunia usaha. Bahkan, banyak perusahaan yang tutup dan gulung tikar. Terakhir dirinya mengucapkan terimakasih kepada orangtua yang telah menitipkan putra putrinya di UMRI dan kami menyadari mungkin masih banyak kekurangan dalam mendidik namun kami sudah berusaha untuk memberikan yang terbaik selama di UMRI.

Sementara Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) DR. Mubarak, M.Si mengatakan jumlah wisuda kali ini sebanyak 930 lulusan yang dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama dilakukan, Sabtu (27/11) dengan 459 lulusan. Kemudian, Minggu (28/11) dengan 471 lulusan yang diwisuda. Acara wisuda ini sudah mendapatkan izin dari Satgas Covid-19 Pekanbaru. Di samping itu, yang hadir wajib melakukan protokol kesehatan.

Mahasiswa termasuk orangtua dan tamu undangan yang hadir harus sudah tervaksin." Itu menjadi syarat utama dalam pelaksanaan wisuda kali ini"Covid-19 sangat berpengaruh di berbagai sektor termasuk di dunia kerja. Inilah tantangan bagi lulusan UMRI untuk mencari solusi agar semua bisa kembali menjadi lebih baik," terangnya.

Sekretaris LLDikti Wilayah X, Yandri SH.MH dihadapan lulusan Umri mengatakan agar para wisudawan terus belajar. Jangan pernah berhenti belajar dan jangan puas hanya menjadi lulusan S1. Lanjutkanlah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Dirinya juga sempat menyinggung soal program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Ia menilai program tersebut sangat baik untuk menciptakan SDM yang unggul di masa depan. Karena, program itu membuka kesempatan bagi mahasiswa menjalani pembelajaran di luar program studi yang ia tempuh selama 3 semester. Alhasil, mereka punya kemampuan lebih.

Program tersebut memang sudah dilaksanakan UMRI. Namun itu saja belum cukup. Menurut Yandri, UMRI juga harus meningkatkan kerjasama dengan semua pihak untuk menunjang lulusan menjadi lebih baik." Karena kerjasama ini menjadi azas yang paling penting dalam pelaksanaan MBKM," katanya

Yandri pun sempat memuji keberadaan UMRI yang menurunya cukup berkembang. Saat ini, UMRI sudah ada 26 Prodi yang 20 di antaranya sudah terakreditasi B. Untuk kampus UMRI sendiri sudah terakreditasi B. Namun, diharapkan, tahun 2022 mendatang, UMRI terus meningkatkan akreditasi menjadi unggul atau A. Hal itu perlu didukung dengan kualitas dosen serta menambah dosen yang tamatan S3. Secara data tercatat dari 210 dosen sudah ada 19 dosen yang lulusan S3. Yandri berharap jumlahnya terus bertambah. Kedepannya UMRI juga membuka program pendidikan Magister," katanya

Bagi masyarakat dan mahasiswa juga bisa mendapatkan informasi tentang wisuda UMRI melalui website www.umri.ac.id yang selalu bisa diakses kapan saja dan dimana saja.(zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H

5

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H