MENU TUTUP

Kepsek: Siswa SDN 163 Pekanbaru Mahir Gunakan Komputer Saat Ujian ANBK

Senin, 22 November 2021 | 15:02:15 WIB | Di Baca : 2894 Kali
Kepsek: Siswa SDN 163 Pekanbaru Mahir Gunakan Komputer Saat Ujian ANBK

 

Seriau,- Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SDN 163 Pekanbaru hari pertama, Senin (22/11) berjalan tertib, aman dan lancar. Sebelum ujian dimulai, siswa peserta ujian, berbaris dengan penerapkan protokol kesehatan.

Kepala SDN 163 Pekanbaru Dewi Kurniati.MPd saat dikonformasi mengatakan pelaksaan ANBK bagi siswa SD dengan peralatan komputer baru pertama kali dilaksanakan oleh sekolah. Meski ada kekhwatiran dalam pelaksanaan ANBK, namun rasa khawatir hilang ketika peserta ujian dengan tenang dan lancar mengikuti ujian.

" Alhamdulillah, pelaksanaan ANBK di sekolah berjalan tertib, aman dan lancar. Setiap siswa dengan mahirnya menjawab soal dengan komputer," kata Dewi, Senin (22/11) di Pekanbaru.

Sebelum ANBK Utama, kata Dewi, seluruh peserta ujian terlebih dahulu menjalani gladi bersih awal November lalu. Saat gladi bersih ini, siswa diajarkan untuk menjawab dan mengerjakan soal dengan perangkat komputer. Itu sebabnya, ketika ujian ANBK Utama berlangsung, siswa sudah terbiasa menjawab soal mengunakan komputer." Cemas dan grogi pastilah dialami siswa yang pertama kali ujian mengunakan komputer. Tapi, itu bisa diatasi siswa. Saya lihat siswa dengan tenang mengejakan soal demi soal," kata Dewi.

Siswa yang mengikuti ANBK, kata Dewi, sebanyak 30 siswa yang dibagi menjadi 2 sif pagi dan siang. Masing masing sif akan diisi 15 peserta ujian. Siswa menjadi peserta ANBK merupakan siswa kelas V dipilih secara acak oleh Kemendikbud. Materi ujian juga berasal dari pusat. Sementara pengawas ujian dilakukan secara silang dari sekolah lain.

Tujuan ANBK ini guna mengetahui sejauh mana kualitas pendidikan setiap sekolah disuatu daerah. Selain itu, ABNK ini untuk pemetaan pendidikan, apakah mutu dan sarana dan prasarana sekolah sudah sama disetiap daerah. (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

3

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

4

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

5

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga