MENU TUTUP

Guru SMK Ikuti Diklat Asesor Kompetensi LSP-P1, Kadisdik Riau: Guru Tersertifikasi Asesor Terus Meningkat

Kamis, 18 November 2021 | 10:14:04 WIB | Di Baca : 1744 Kali
Guru SMK Ikuti Diklat Asesor Kompetensi LSP-P1, Kadisdik Riau: Guru Tersertifikasi Asesor Terus Meningkat

 

Seriau,- Dinas Pendidikan Provinsi Riau melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Asesor Kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)-P1. Kegiatan diadakan mulai tanggal 17 hingga 23 November bersama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram.MPd saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini membuktikan bahwa Disdik Riau serius mengelola sekolah vokasi dan perbaikan perbaikan bidang pendidikan terutama bidang SMK. Guru yang ikut Diklat ini nantinya diuji kompetensi oleh BNSP, apakah lulus atau tidak. Bagi yang lulus uji kompetensi oleh BNSP berhak memperoleh sertifikat dari BNSP." Guru guru yang punya sertifikat asesor berhak menilai siswa dalam uji kompetensi yang dilaksanakan sekolah ataupun sekolah lain yang punya jurusan sama," kata Zul Ikram, Rabu (17/11) di Hotel Gatra Pekanbaru.

Oleh karena itu, Kadisdik Riau mengingatkan kepada peserta agar mengikuti semua Diklat dengan baik sesuai dengan harapan yang telah dirancang." Jangan ada bolong bolong. Ikuti semua materi karena Diklat ini sangat panjang. Jangan sampai kegiatan ini jadi sampah," tegas Zul Ikram dihadapan peserta.

Zul Ikram berharap dengan kegiatan ini semakin banyak guru SMK di Riau yang punya sertifikat sebagai asesor LSP P-1 sehingga mereka mempunyai kewenangan untuk memberikan penilaian dalam proses siswa vokasi." Saya akui LSP di sekolah masih minim tetapi jumlah guru yang tersertifikasi sebagai asesor semakin banyak. Kedepanya  akan tumbuh sekolah yang mempunyai LSP-P1," kata Zul Ikram.

Kabid SMK Disdik Riau Edi Rusmadinata.MPd mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan tenaga kerja yang profesional, berdaya saing dan berstandar global. Indikator penilaian kompetensi salah satu komponennya adalah asesor. Penilaian ini sangat strategis karena akan menunjukan kualitas dari uji kompetensi yang dilakukan." Ini menjadi jaminan mutu bahwa pengujian yang dilakukan telah sesuai dengan yang ditentukan," kata Edi.

Sementara itu, Sanyoto dari BNSP berharap kegiatan ini bisa berlangsung dan terus meningkat ditahun mendatang. Dirinya mengingatkan semua peserta terus mengaungkan kegiatan sertifikasi sehingga Riau mempunyai lulusan SMK yang bakal menjadi tenaga kerja handal dan siap bekerja dengan kompetensi yang dimiliki. (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H

5

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H