MENU TUTUP

Ratusan Bendahara BOS Ikuti Bimtek Laporan Keuangan Secara Tatap Muka dan Virtual

Jumat, 12 November 2021 | 14:01:25 WIB | Di Baca : 1749 Kali
Ratusan Bendahara BOS Ikuti Bimtek Laporan Keuangan Secara Tatap Muka dan Virtual

 

Seriau,- Sebanyak 30 Bendahara BOS SLB Negeri dan Swasta se Provinsi Riau mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Laporan Keuangan secara tatap muka. Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Angkasa Pekanbaru mulai tanggal 8 hingga 11 November ini, juga dilakukan secara virtual bagi ratusan Bendahara BOS SMA dan SMK negeri dan swasta

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram.MPd saat membuka kegiatan dihadapan peserta baik tatap muka dan virtual, menegaskan apa yang menjadi tugas dan fungsi bendahara BOS bisa dilaksanakan secara baik dan benar. Sebab, bendahara orang yang mengelola keuangan sekolah, 

Bendahara BOS perlu ditingkatkan kompetensi dan pemahamannya karena bendaharan ini yang secara langsung mengelola dana BOS maupun BOSDA  mulai dari penganggaran, perencanaan , pelaksanaan dan penatausahan serta pertanggung jawaban dana BOSDA berbasis Aplikasi SIPBOSDA.

" Itu sebab Bimtek ini sangat penting dalam pengelolaan keuangan negara disatuan pendidikan mulai dari penganggaran, perencanaan, pelaksanaan dan pertanggung jawaban anggaran," kata Zul Ikram.

Sementara itu Kasubag Program Disdik Riau Indra Syarif.SP yang juga ketua pelaksana kegiatan mengatakan kegiatan Bimtek ini ada yang dilaksanakan secara tatap muka dan virtual. Bimtek bendahara SLB dilakukan dengan tatap muka yang jumlah peserta 30 orang dari 12 kabupeten/ kota. 

Sedangkan bendahara SMA dan SMK, dilakukan secara virtual. Kegiatan Bimtek ini, kata Indra, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bendahara SLB Negeri dan Swasta dalam perencaaan dan penata laksana laporan keuangan BOS serta informasi lainnya yang terkait dengan peningkatan akutabilitas program BOS ditingkat sekolah.

"Kita berharap peserta Bimtek ini bisa mengoperasikan pengunaan aplikasi SIPBOSDA mulai dari penginputan data pegawai, NPH, RAPBS anggaran kas, input laporan BOSDA dalam rangka mempermudah perencanaan pelaksana dan pelaporan sehingga hasilnya lebih efektif, akurat dan terhindar dari kesalahan administrasi," kata Indra.

Materi yang diberikan dalam Bimtek laporan keuangan bagi bendahara BOS ini, kata Indra, menyangkut dengan aplikasi SIPBOSDA, pembagian user, inputan pegawai, NPH, penginputan RAKS, penginputan saldo awal, update notifikasi transfer dana bank, belanja tunai, penginputan SSP dan terakhir cetak laporan.

" Kita inginkan pengoperasi aplikasi SIPBOSDA sudah bisa dilaksanakan akhir tahun ini agar lebih terarah, efesien tentang pola belanja sekolah," kata Indra. (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

5

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024