MENU TUTUP

Pahmijan: SLB di Riau Harus Dibekali Pendidikan Vokasi

Jumat, 22 Oktober 2021 | 18:50:34 WIB | Di Baca : 1870 Kali
Pahmijan: SLB di Riau Harus Dibekali Pendidikan Vokasi

 

Seriau,- Dinas Pendidikan Provinsi Riau melalui Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus membuat gebrakan baru. Dimana, SLB di Riau bisa dibekali dengan pendidikan vokasi.

" Ini penting bagi peningkatan kompetensi siswa melalui pendidikan vokasi," kata Kabid PKPLK Disdik Riau, Drs.H. Pahmijan.MPd, Kamis (21/10) di Pekanbaru

Sebagai langkah awal, kata Pahmijan, program ini sudah dimulai dengan penandatanganan MoU antara SLBN Pelalawan dengan SMKN 1 Pangkalan Kerinci. MoU ini langsung disaksikan oleh Kadisdik Riau yang diwakili okeh Kabid PKPLK. Dalam MoU yang ditandatangani oleh kedua kepala sekolah ini, bagaimana nantinya guru SMKN 1 Pangkalan Kerinci bisa memberikan pendidikan vokasi yang mereka miliki untuk diberikan kepada guru guru SLB Pelalawan. Kerja sama ini meliputi bidang keahlian Tata Kecantikan, Tata Busana dan TIK.

" Untuk sementara ini, baru tiga jurusan keahlian yang di kerjasamakan. Kita berharap guru SLB ini bisa menimba ilmu dari guru SMKN 1 Pelalawan" kata Pahmijan

Kedepan, kata Pahmijam, seluruh SLB di Riau akan dibekali oleh pendidikan vokasi. Ini penting bagi siswa setelah taman mereka punya keahalian yang mereka miliki. Sebab, tidak semua siswa SLB mempunyai kekurangan namun mereka juga punya kelebihan bahkan lebih kreatif dari siswa normal. Pendidikan vokasi ini membuka peluang bagi siswa SLB supaya hidup mandiri. 

Misalnya, siswa kebutuhan khusus tuna runggu, mereka bisa membuka salon kecantikan, menjahit dan memasak." Ini sebabnya pendidikan vokasi ini, harus diberikan kepada siswa siswa SLB. Tapi terlebih dahulu, guru guru SLB harus diberi pelatihan untuk meningkatkan kompetensinya," ujar Pahmijam (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H

5

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H