MENU TUTUP

Pemko Pekanbaru Siapkan Rp 58 Miliar Untuk Swastanisasi Sampah Tahun 2022

Senin, 25 Oktober 2021 | 15:30:21 WIB | Di Baca : 3454 Kali
Pemko Pekanbaru Siapkan Rp 58 Miliar Untuk Swastanisasi Sampah Tahun 2022 Roni Paslah SE Anggota DPRD Pekanbaru Dari Fraksi PAN

 

SeRiau-  Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan kembali menggunakan konsep swastanisasi dengan merekrut pihak ketiga untuk pengangkutan sampah di tahun 2022.

Roni Pasla, anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru menjelaskan untuk pengangkutan sampah di tahun 2022 Pemko Pekanbaru menyiapkan anggaran sebesar Rp58 Miliar.

"Mulainya di bulan Januari(angkutan sampah), proses lelang sudah bisa dilakukan karena sudah ada MoU APBD 2022 antara Pemko dan DPRD Pekanbaru," kata Roni Pasla, Senin (25/10/2021).

Saat ini di tahun 2021, Pemko Pekanbaru bekerjasama dengan PT Samhana Indah dan PT Godang Tua Jaya untuk melakukan pengangkutan sampah.

Dan dalam waktu dekat politisi PAN ini mendesak agar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru bisa segera melakukan lelang sehingga setelah kontrak kerja bersama PT Samhana Indah dan PT Godang Tua Jaya berakhir pengangkutan sampah tidak terputus.

"Dalam waktu dekat sudah bisa lelang apalagi MoU APBD 2022," jelasnya.

Namun saat ini masih banyak angkutan sampah secara mandiri atau yang digerakan oleh masyarakat sendiri karena kedua rekanan Pemko Pekanbaru tersebut tidak mampu menjangkau kawasan perumahan mereka. 

Dari itu Roni meminta DLHK nantinya bisa merubah kontrak kerjasama antara DLHK dan pihak ketiga agar tidak ada pasal yang mengambang.

"Misalnya pengambilan sampah wajib kerumah masyarakat, tidak lagi bahasanya sampah diambil di sumber sampah," jelasnya.

Namun jika rasanya pihak ketiga tidak mampu menjangkau sampah yang ada di pemukiman masyarakat, pihak ketiga wajib menggunakan pihak lain.

"Pihak ketiga bisa bekerjasama dengan pihak-pihak mandiri, secara ini juga bagus untuk mengurangi angka pengangguran di Pekanbaru," tutupnya.(***)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

5

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman