MENU TUTUP

PON XX Papua Resmi Ditutup, Riau Peringkat ke-8

Jumat, 15 Oktober 2021 | 18:16:42 WIB | Di Baca : 4620 Kali
PON XX Papua Resmi Ditutup, Riau Peringkat ke-8

SeRiau - Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma'ruf Amin secara resmi menutup penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Penutupan berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021).

Wapres RI Ma'ruf Amin memberikan apresiasi setinggi-tinggi terhadap pelaksanaan ajang olahraga terbesar di Tanah Air yang telah berjalan dengan aman, lancar, dan sukses.

Wapres yang didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Papua yang telah menjadi tuan rumah yang hangat bagi kontingen dari daerah lain. 

"Dua pekan sudah PON XX Papua 2021 terselenggara dan akhirnya kita sampai pada puncaknya pada malam hari ini. Atas nama Bapak Presiden serta segenap jajaran pemerintah, saya menyampaikan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah dan masyarakat Papua," ujar Wapres.

Lebih lanjut, Wapres menjelaskan bahwa sejarah telah mencatatkan pelaksanaan PON XX Papua 2021 adalah ajang olahraga terbesar skala nasional pertama yang diselenggarakan di Bumi Cenderawasih.

"Saya bangga dan terharu atas tekad dan dedikasi tinggi pemerintah dan masyarakat Papua yang bahu membahu menyiapkan PON kali ini. Terima kasih telah menjadi tuan rumah yang hangat. Sampai bertemu di PON berikutnya. Selamat. Salam olahraga," jelas Wapres. 

Acara penutupan PON Papua berlangsung meriah. Dimulai dari defile bendera dan atlet dari kontingen masing-masing daerah. Lalu penurunan bendera PON yang kemudian Gubernur Papua Lukas Enembe menyerahkan bendera tersebut kepada Ketum KONI Pusat Marciano Norman. 

Selanjutnya, Marciano menyerahkan bendera PON kepada Sekda Provinsi Aceh Taqwallah dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi selaku tuan rumah penyelenggaraan PON 2024. Setelah itu, dilakukan pemadaman api PON Papua seterusnya penampilan tarian kebersamaan dan ditutup dengan penampilan artis. 

Pada pelaksaan PON XX Papua, Jawa Barat menjadi juara umum dengan total perolehan medali 353 dengan rincian 133  emas, 105 perak dan 115 perunggu. Kemudian peringkat dua diduduki oleh DKI Jakarta dengan total medali sebanyak 301 diantaranya 110 emas, 91 perak dan 100 perunggu. 

Sementara di posisi tiga adalah Jawa Timur dengan total perolehan medali sebanyak  287 diantaranya, 110 emas, 89 perak dan 88 perunggu. Riau sendiri berada di posisi 8 dengan total perolehan medali sebanyak 67 medali diantaranya 21 Emas, 25 perak dan 21 perunggu. 

Ketua Kontingen Riau Deni Ermanto mengatakan, meskipun peringkatnya turun dari 7 ke 8 pada pelaksaan PON lalu. Namun, jumlah medali yang didapat saat ini lebih tinggi 21 Emas dibanding sebelumnya hanya mendapat 18 medali emas. 

"Artinya perolehan medali emas kita melebihi capaian dari target. Ini merupakan capaian yang luar biasa dari target medali emas yang sebelumnya ditargetkan 18 emas ternyata kita meraih 21 emas," kata Deni Ermanto.

Lanjutnya, dengan torehan medali emas yang melampaui target dan masuk 10 besar  berada di peringkat 8, Deni mengungkapkan sangat senang dan happy dengan patriot-patriot olahraga Riau yang telah berjuang dengan baik. 

"Saya ucapkan selamat atas capaian dan telah memenuhi target masuk di 10 besar pada pelaksaan PON XX Papua," pungkasnya. (**H)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid