MENU TUTUP

Kemenag Riau Gelar FGD Persiapan Tahun Toleransi 2022

Sabtu, 02 Oktober 2021 | 07:22:37 WIB | Di Baca : 1815 Kali
Kemenag Riau Gelar FGD Persiapan Tahun Toleransi 2022

 

SeRiau - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau adakan kegiatan Focus Group Discusion (FGD) dalam persiapan tahun toleransi 2022. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 01-03 Oktober 2021 di Pekanbaru.

Dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Riau, Mahyudin diikuti oleh 50 peserta terdiri dari POLDA Riau , KOREM 031 WB, PAKEM, Kanwil Kemenag Riau, MUI Riau, Tokoh Perempuan, Kesbangpol, FKUB, LAM Riau, APRI Riau, Rumah Moderasi Beragama, Organisasi Kepemudaan, Ormas Keagamaan dan Media Masa.

Mahyudin dalam sambutan pengantar saat pembukaan mengatakan, hasil dari kegiatan yang dilakukan nantinya akan menjadi tolak ukur dalam program di Kemenag Riau yang akan dilaksanakan nantinya. "Dengan kegiatan ini kita mendapatkan potret seperti apa kondisi di Riau terkait kerukunan beragama yang ada. Bahkan selanjutnya mendapatkan prototipe" katanya.

Upaya ini menurut Mahyudin lagi, kegiatan ni juga dalam persiapan menghadapi tahun toleransi di tahun 2022 yang akan dicanangkan oleh Presiden RI nantinya. "Ada 8 Provinsi yang perlu intens persiapan tahun toleransi ini , yaitu Provinsi Jabar, NTB, Sulsel, Sulteng, DKI, Banten, Sumbar dan Riau," tambahnya sembari menyebutkan Program kegiatan ini bernama Super Prioritas.

Disampaikan juga, dalam menghadapi persiapan tahun toleransi 2022 ini, kegiatan FGD ini merupakan kegiatan kedua yang sudah dilakukan Kakanwil Kemenag Riau. Dimana sebelumnya sudah melaksanakan kegiatan pemetaan terhadap penyuluh agama yang ada di Riau yaitu dengan jumlah 1.222 orang penyuluh yang dimiliki.

"Ditargetkan pada bulan Desember ini, kegiatan-kegiatan menghadapi persiapan tahun toleransi ini sudah selesai. Sehingga Provinsi Riau sudah siap dalam Pencangan tahun toleransi," tambahnya sembari mengatakan perlunya masukan-masukan ataupun kasus-kasus dan gambaran masalah keberagamaan yang ada dari para peserta yang ikut terutama yang ada di daerah masing-masing.

Sebagaimana yang dimaklumi, 8 daerah yang jadi sasaran persiapan tahun toleransi 2022 oleh pemerintah dengan indikator masalah toleransi, kesetaraan dan kerjasama yang "rendah". (im)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid