MENU TUTUP

IDI Rohil Dan BPJS Cabang Dumai Adakan Medical Update

Kamis, 12 Agustus 2021 | 21:11:31 WIB | Di Baca : 1862 Kali
IDI Rohil Dan BPJS Cabang Dumai Adakan Medical Update

SeRiau - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) bersama Badan Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan (BPJS) cabang Dumai mengadakan kegiatan Medical Update. 

Kegiatan yang mengangkat tema "Penguatan Profesionalisme dokter di FKTP melalui mentoring dokter spesialis" itu dibuka oleh Srkretaris Daerah (Sekda) rohil, HM Job Kurniawan AP, MSi di aula hotel lion, Bagansiapiapi, Kamis (12/8) pagi. 

Ketua IDI Rohil, dr Suratmin SPa dalam sambutannya mengatakan kalau saat ini angka kasus ang tinggi adalah covid-19 dan stanting. Untuk angka kasus covid-19 di dunia yang terpapar jumlahnya saat ini sekitar 250 juta orang. Dan yang sudah meninggal dunia sebanyak 40.000 juta orang secara global. 

"Di Indonesia angka kasus covid-19 juga cukup tinggi, dimana yang sudah meninggal dunia sebanyak 126.000, dan angka yang aktif atau isolasi mandiri (isoman) sebanyak 400.000 lebih," Kata Suratmin. 

Dokter spesialis anak itu juga menyampaikan kalau saat dokter di Indonesia yang sudah terpapar sebanyak 650 orang, dan yang sudah meninggal dunia sebanyak 140 orang. 

Agar kasus covid-19 ini bisa terupdate, media massa harus digandeng, karena media memiliki peran menyampaikan informasi kepada masyarakat luas. "Dokter dan Media memiliki peran yang sama. Kalau dokter perannya menerapi kesehatan atau mengobati, sedangkan media perannya mempublikasi kepada masyarakat," Ujar Suratmin. 

Sekda Rohil, HM Job Kurniawan AP, MSi mengatakan kalau saat ini kebutuhan oksigen dimasa pandemi ini harus bisa terpenuhi. "Wabah covid-19 itu kalau dikatakan tidak ada tapi ada, kalau dikatakan ada tapi tidak bisa terlihat. Jadi kita harus waspada," Katanya. 

Dia meminta kepada seluruh kepala Puskesmas untuk tidak menutup nutupi terkait kasus covid-19 agar bisa dipublikasikan media. "Saat ini daerah kita sudah level 3, dan berharap tidak naik ke level 4," Harap Job. 

Job juga menyampaikan ucapan Terima kasih kepada IDI rohil dan BPJS cabang dumai yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dalam menambah ilmu para dokter dan tenaga kesehatan (Nakes) di rohil. 

Pemkab rohil kata Job akan berusaha untuk membelikan alat PCR untuk RSUD dr RM Pratomo Bagansiapiapi. Dengan begitu, nantinya masyarakat tidak susah lagi melakukan swab PCR ke pekanbaru. 

Dilanjutkan, untuk menangani melonjaknya kasus covid-19, pemkab rohil telah menyiapkan tempat isolasi mandiri bagi masyarakat yang dinyatakan positif. "Tempat isoman sudah kita siapkan dua tempat yakni di purna Eks MTQ 30 kamar dan di kecamatan Tanah Putih sebanyak 30 kamar. Selain itu, juga dilengkapi dengan dokter dan sarana lainnya," Pungkasnya. (ad)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

4

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman

5

Sambut Mudik 2024, PLN Tambah 5 SPKLU di Riau