MENU TUTUP

Dorong Perda Keberadaan Komite, Delisis Kembali Pimpin Forkom SMA/SMK dan SLB Negeri Provinsi Riau

Selasa, 15 Juni 2021 | 19:05:15 WIB | Di Baca : 2009 Kali
Dorong Perda Keberadaan Komite, Delisis Kembali Pimpin Forkom SMA/SMK dan SLB Negeri Provinsi Riau

 

Seriau,- Ir. Delisis Hasanto terpilih kembali memimpin Forum Komite SMA/SMK dan SLB Negeri Provinsi Riau secara aklamasi. Terpilih dirinya untuk kedua kalinya setelah melalui Musyawarah Besar I yang dilakukan secara online dan offline bertempat di Hotel Grand Central Pekanbaru, Selasa, (15/6)

Delisis akan memimpin forum yang fokus pada pengembangan pendidikan di sekolah hingga tahun 2024 mendatang. Forkom ini merupakan wadah masyarakat sekolah yang mandiri dan berkomitmen membantu pemerintah dalam meningkatkan layanan mutu pendidikan. Untuk itulah, Forkom mendorong Gubernur Riau mau menerbitkan peraturan daerah untuk menguatkan keberadaan Forkom di daerah. Sehingga dengan peraturan itu, tak menimbulkan keraguan masyarakat untuk membantu kegiatan-kegiatan Forkom." Perda ini sangat penting untuk menguatkan keberadaan Forkom," kata Delisis, Selasa (15/6) di Pekanbaru

Dikatakan Delisis, Forkom sudah dikenal dan sering diundang oleh berbagai pihak dari berbagai daerah. Menurutnya pentingnya Komite Sekolah dalam memajukan pendidikan. Namun sayangnya, di sebagian daerah, keberadaan komite sekolah justru dipandang sebelah mata. Padahal, keberadaannya sudah memiliki dasar hukum melalui Permendikbud nomor 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah."Jangan dipandang komite sekolah sebelah mata. Keberadaannya mempunyai dasar hukum yakni Permendikbud nomor 75 tahun 2016," katanya

Menurut dia, meningkatkan kualitas sekolah perlu partisipasi masyarakat. Misalnya saja, di masa pandemi ini, sekolah dituntut membuat terobosan dalam proses belajar yang dapat melibatkan unsur masyarakat. Di samping itu, Forkom juga penting untuk membangun sinergisitas pemerintah dengan masyarakat sekolah." Kami dari Forkom mendukung dan mengapresiasi langkah Gubri dalam menjalankan program wajib belajar 12 tahun yang telah berlangsung setahun terakhir. Namun, untuk menjalankannya, tentu perlu dukungan masyarakat. Hal inilah yang dapat dijembatani oleh Forkom," kata Delisis

Sementara itu, Kadisdik Riau, Zul Ikram M.Pd yang hadir mewakili Gubernur Riau menyampaikan bahwa komite sekolah merupakan mitra pemerintah dalam upaya pelayanan mutu dan peningkatan kualitas pendidikan. Komite sekolah sudah melakukan banyak hal. Di antaranya ikut mendukung dan memediasi masyarakat di lingkungan satuan pendidikan." Forkom menjadi wadah yang penting sebagai tempat membicarakan ikhwal yang baik di bidang pendidikan. Maka, pelaksanaan Mubes I ini menjadi sangat penting," katanya.

Diharapkan lewat Mubes terjadi harmonisasi dan sinergitas antara komite, sekolah dan pemerintah dalam mempercepat peningkatan pendidikan di jenjang SMA, SMK dan SLB Negeri. Apalagi era keterbukaan saat ini memang memerlukan kolaborasi seluruh unsur pengembangan pendidikan, termasuk komite yang menjadi wakil masyarakat." Kehadiran pemerintah dan masyarakat yang diwakili komite sekolah sangat penting dalam rangka mengembangkan pendidikan di masa akan datang," tuturnya. 

Zul Ikram mengakui, permasalahan dan keunikan karakteristik satuan pendidikan yang beranekaragam menjadi tantangan tersendiri. Kerena itu, Forkom perlu berinovasi untuk mendorong kemajuan dunia pendidikan.

Ketua Panitia Mubes I Forkom, Arbi berterimakasih pada gubernur, kepala Disdik dan Ketua MKKS SMA, Ketua MKKS SMK yang selalu memberi dukungan materil maupun semangat krpada Forkom. Apalagi, Forkom ini tumbuh dari bawah dan pertamakali terbentuk dan dikukuhkan oleh Gubernur Riau. Menurut dia, pengurus yang terlibat bukan dilandasi oleh keinginan menerima keuntungan materi. Sebaliknya, penguruslah yang mau berkorban secara waktu, materil dan tenaga demi membantu pemerintah mencerdaskan anak bangsa.

Turut hadir dalam Mubes Pertama Forkom yakni Dewan Pengarah Forkom SMA, SMK, SLB Negeri Provinsi Riau, Kampriwoto, Ketua Musyawarah Kerja Ketua Sekolah (MKKS) SMA, Erdani dan Ketua MKKS SMK, H Peri Daswandi. (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid