MENU TUTUP

Peresmian dan Serah Terima Fasilitas Air Bersih kepada Masyarakat Kampung Minas Barat Kecamatan Minas

Rabu, 21 April 2021 | 12:45:53 WIB | Di Baca : 1943 Kali
Peresmian dan Serah Terima Fasilitas Air Bersih kepada Masyarakat Kampung Minas Barat Kecamatan Minas

 

Seriau,- PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dalam pembangunan sumur air bersih bagi masyarakat di Kampung Minas Barat, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Kerja sama ini merupakan kali kedua antara PT CPI dan LPPM UMRI. Program sebelumnya dilaksanakan di Kampung Minas Timur pada tahun lalu. Peresmian dan serah terima fasilitas sumur air bersih di Kampung Minas Barat pada 30 Maret 2021.

Tampak hadir dalam acara tersebut Asisten II Kabupaten Siak Hendrisan, S.Sos, M.Si (mewakili bupati) Wakil Bupati terpilih Husni Merza, BBA, MM, Manager Corporate Affairs Asset South PT. CPI Wan Dedi Yudhistira, Wakil Rektor III UMRI dr. Taswin Yacob, Sp.S, Camat Minas Hendra Adinugraha, S.STP, M.Si, Penghulu Kampung Minas Barat Ayang Bahari, serta Bathin Limo Bomban Mineh H.M. Bungsu DJ.

Keberadaan fasilitas ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat terhadap akses air bersih sehingga turut mendukung kesehatan masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Pembangunan sumur air bersih merupakan bagian dari Program Chevron untuk Riau Sehat dan Sejahtera (Cherish). Selain di Kampung Minas Barat, pembangunan akan dilakukan di tiga lokasi lainnya di sekitar wilayah operasi PT CPI, yakni Desa Rantau Kopar, Rantau Kopar, Rohil, Kelurahan Sedinginan, Tanah Putih, Rohil dan Desa Sukaramai, Tapung Hulu, Kampar.

Kegiatan survei menggunakan teknologi Geogreen Water Finder System (GWFS) untuk menentukan titik pengeboran sumur dalam. Sebagai mitra pelaksana program, LPPM UMRI bertanggung jawab dalam hal pengeboran sumur dalam, pembangunan bak penampung, penyediaan sumber listrik, hingga pembentukan dan persiapan tata kelola yang baik bagi pengelolaan fasilitas air bersih tersebut. PT CPI mendesain Program Cherish untuk mendukung upaya penanggulangan dampak pandemi COVID-19, sekaligus berkontribusi terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Riau. Program tersebut meliputi tiga kegiatan utama yakni Program Ketahanan Pangan; Pembentukan Kelurahan Siaga COVID-19; dan Pembangunan Sumur Air Bersih. Pendanaan program ini langsung berasal dari Korporasi Chevron.

Pada masa pandemi ini, SKK Migas - PT CPI telah menyalurkan lebih dari 2.000 pakaian dekontaminasi (hazmat); 99.000 masker; 6.000 botol hand sanitizer; 73 tempat tidur dan matras medis; termometer inframerah; dan 8.050 paket sembako yang disalurkan melalui gugus tugas di tingkat kabupaten, kota dan provinsi***(rls)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

4

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman

5

Sambut Mudik 2024, PLN Tambah 5 SPKLU di Riau