MENU TUTUP

UKK Siswa Dimata Genì Wilyarti Kepsek SMKN 6 Pekanbaru: " Kompeten, Teruji dan Daya Tarik ke Dunia Kerja"

Kamis, 11 Maret 2021 | 14:27:47 WIB | Di Baca : 2728 Kali
UKK Siswa Dimata Genì Wilyarti Kepsek SMKN 6 Pekanbaru:

 

Seriau,- Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi siswa SMK menjadi salah satu tahapan yang harus dilalui siswa sebelum menamatkan pendidikan. Seberapa penting UKK siswa dimata Kepala SMKN 6 Pekanbaru Dra.Hj Geni Wilyarti.MM.

Menurut Geni, pelaksanaan UKK sebagai bentuk pengakuan bahwa siswa bersangkutan sudah kompeten di program keahlianya. UKK ini sebagai tes untuk mengukur kemampuan siswa, apakah materi dipelajari disekolah telah dikuasai siswa atau belum. Gimana, jika tidak ada UKK, maka indikator apa yang menentukan siswa sudah kompeten dibidangnya.

" Oleh karena itu, UKK harus dijalani siswa agar tahu apakah siswa sudah kompeten atau belum. Siswa yang telah menuntaskan UKK berhak mendapat sertifikat dan menjadi daya tarik bagi siswa bisa diterima di dunia kerja. Apalagi lulusan SMK dipersiapkan menjadi tenaga kerja terampil," kata Geni, saat bincang bincang, Rabu (10/3) kemarin.

Dalam UKK tahun ini, kata Geni, siswa harus menyelesaikan 1 skema tugas. Dari 1 skema, ada beberapa klater yang harus tuntas dan diselesaikan oleh siswa. Setelah siswa dinyatakan lulus menyelesaikan 1 skema, maka sertifikat kelulusan dikeluar oleh BNSP berlogo gambar burung garuda. Tapi, kalau siswa hanya menyelesaikan beberapa klaster, maka sertifikat kelulusan dikeluarkan oleh LSP SMKN 6 Pekanbaru. Itu sebabnya, siswa diharus selesaikan 1 skema dalam UKK agar sertifikat dari BNSP.

" Di dunia usaha dan industri, mereka lebih tertarik dengan lulusan yang memegang sertifikat dari BNSP. Sebab, mereka sudah kompeten dengan jurusan keahlianya. Berbeda dengan sertifikat yang dikeluarkan sekolah, mereka harus menyelesaikan beberapa klater untuk menuntaskan 1 skema," kata Geni.

Siswa SMKN 6 Pekanbaru akan menjalani Uji Kompetensi Keahlian (UKK) LSP SMKN 6 Pekanbaru sebanyak 466 orang. Jadwal pelaksana UKK bagi siswa kelas XII mulai tanggal 15 hingga 26 Maret. Sebelum jadwal pelaksanaan UKK diumumkàn Dirjen Vokasi, siswa SMKN 6 sudah melaksanakan UKK secara mencicil diwaktu kelas XI. Sebab, bagi sekolah yang jurusan sudah berlisensi LSP, boleh melakanakan UKK kapan saja.

" Karena semua jurusan kita sudah LSP,  maka secara berangsur, kita boleh laksanakan UKK dikelas XI. Ini artinya, dari 466 siswa sudah ada mencicil UKK dikelas XI dan XII. Saat ini mereka hanya menyelesaikan dan menyempurnakan materi yang ada di UKK," kata Geni

Dari 466 siswa ini terdiri dari 6 kompetensi keahlian yakni kompetensi keahlian akuntansi dan keuangan lembaga, kompetensi keahlian rekayasa perangat lunak,
kompetensi keahlian teknik mekatronika, kompetensi keahlian teknik dan bisnis sepeda motor, kompetensi teknik komputer dan jaringan dan terakhir kompetensi keahlian desains grafika. Sistem pelaksana UKK LSP SMKN 6 Pekanbaru akan diuji dan dinilai oleh asesor dari masing masing jurusan maksimal dua orang.

"  Saat ini setiap jurusan, kita sudah punya asesor lebih dari 2 orang. Asesor inilah yang akan menguji dan menilai UKK siswa. Para asesor SMKN 6 ini sudah mendapat sertifikat asesor dari BNSP," sebut Geni. (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

5

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman