MENU TUTUP

Bentuk Karakter dan Bakat Usaha Siswa, SMKN 6 Pekanbaru Gelar Workshop Sekolah Pencetak Wirausaha

Rabu, 10 Maret 2021 | 21:32:48 WIB | Di Baca : 1763 Kali
Bentuk Karakter dan Bakat Usaha Siswa, SMKN 6 Pekanbaru Gelar Workshop Sekolah Pencetak Wirausaha

 

Seriau,- Sebagai Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW) SMKN 6 Pekanbaru melaksanakan Workshop SPW, Rabu (10/3). Kali ini, tema yang diambil dalam Workshop SPW yakni "Marketing Online Berbasis Android untuk Mengembangkan Semangat Berwirausaha"

Kegiatan yang dibuka Kepala SMKN 6 Pekanbaru Dra.Hj.Geni Wilyarti. MM  mengatakan Workshop SPW yang diikuti puluhan siswa ini dalam upaya meningkatkan kompetensi bagimana trik dan strategis menjadi seorang wirausaha yang handal, baik secara manual dan digitalisasi. Makanya, tema yang diangkat dalam memasarkan produk secara online dengan android.

"Ini workshop kedua kali kita laksanakan sejak SMKN 6 menjadi Sekolah Pencetak Wirausaha. Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Kita harapkan dengan kegiatan ini membentuk karakter siswa dalam berwirausaha. Siswa bisa menjadi wirausaha handal dan mandiri," kata Geni

Sebagai sekolah yang melahirkan lulusan siap kerja, kata Geni, tidak semua lulusan SMK melanjutkan pendidikan dan bekerja di dunia usaha dan industri. Dari sekian banyak lulusan, tentu ada yang ingin menjadi wirausaha." Di SPW inilah kita saring siswa yang betul betul punya keinginan kuat menjadi seorang wirausaha. Tidak semua lulusan ingin malanjutkan ke perguruan tinggi atau bekerja tapi ada juga yang ingin jadi wirausaha. Bakat dan minatnya kita gembleng dari sekarang," ujar Geni

Sementara itu, ketua tim SPW SMKN 6 Pekanbaru Debi Fitria Dewi mengatakan, hingga saat ini jumlah siswa mendaftar tergabung dalam SPW sebanyak 90 orang. Siswa yang betul punya keinginan tinggi menjadi soarang wirausaha. Workshop ini tidak mengikutsertakan seluruh siswa yang tergabung dalam SPW. Hal ini, disebabkan situasi pandemi covid. Siswa yang sudah ikut workshop pertama tidak diikutkan lagi dalam workshop kedua ini.

Dalam workshop kali ini menghadirkan narasumber dari Mu' atin Caraka Corp untuk memberikan strategis, trik penjualan produk secara digitalisasi melalui android." Jadi gimana cara mempekenalkan produk, tidak hanya memposting produk saja tapi bagaimana trik agar produk yang kita posting ini muncul dan dilihat banyak orang. Ada trik memposting produk," kata Debi.

Selain memposting produk, kata Debi, juga diperbanyak hastag sehingga produk yang diposting sering muncul dan ramai dicari orang. Untuk saat ini, siswa SPW tidak mesti menciptakan produk, tapi bagaimana mereka bisa menjual produk seperti menjadi 'Reseler' atau menjual produk keluarga, teman, saudara dan orang lain." Kedepanya, target kita ingin program SPW SMKN 6 Pekanbaru punya produk sendiri," harap Debi. (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

5

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman