MENU TUTUP

Layanan UTTP Kembali Dibuka Disperindag Pekanbaru

Senin, 01 Februari 2021 | 19:14:33 WIB | Di Baca : 1015 Kali
Layanan UTTP Kembali Dibuka Disperindag Pekanbaru

SeRiau - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, mulai pekan ini kembali membuka pelayanan tera dan tera ulang alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya (UTTP) di UPT Metrologi.

Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, pelayanan UTTP dibuka kembali seiring diterimanya tanda atau cap tera sah tahun 2021 dari kementerian terkait.

"Untuk itu bagi masyarakat yang akan menera atau menera ulang UTTP bisa langsung datang ke kantor UPT Metrologi," kata Ingot, Ahad (31/1/2021).

Ia mengungkapkan, sebelumnya proses layanan UTTP harus dihentikan sejak akhir Desember 2020 kemarin. Pasalnya, alat kelengkapan harus diservis dan tanda sah tera harus dikembalikan ke negara.

Namun saat ini tanda sah baru telah sampai, sehingga masyarakat, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pedagang pasar, maupun indsutri swasta lainnya sudah bisa mendapatkan layanan UTTP mulai pekan ini.

Menurutnya, sasaran tera ulang bukan berarti sasaran itu belum pernah ditera. Kemungkinan sudah ditera sebelumnya dan harus ditera ulang secara berkala karena tera dan tera ulang UTTP merupakan kewajiban demi kepastian hukum dan ketepatan takaran bagi konsumen dan produsen dalam transaksi.

Proses tera dan tera ulang UTTP bisa dilakukan setiap setahun sekali untuk alat ukur massa. Sementara alat ukur volume bisa dilakukan tera kembali dalam rentang 1 tahun.

Ia menilai, proses tera ulang diperlukan karena ada kemungkinan sewaktu-waktu UTTP bisa berubah atau rusak.

"Tera dan tera ulang itu sebenarnya bukan kewajiban tapi kebutuhan untuk ketepatan takaran," terangnya. 

Selain itu dikatakan Ingot, jika ada keluhan konsumen seperti takaran SPBU atau meteran listrik PLN yang tak normal, masyarakat bisa melaporkan ke pihaknya.

"Meski layanan SPBU itu sudah ditera, jika ada keluhan konsumen, kita wajib untuk tera ulang. Begitu juga layanan listrik, memang meterannya dari pusat, tapi jika ada keluhan kita harus tera," tutupnya. (**H)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

5

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman