MENU TUTUP

Vaksinasi di Pekanbaru Mulai Besok, 10 Tokoh Publik Jadi yang Pertama

Rabu, 13 Januari 2021 | 06:17:47 WIB | Di Baca : 1966 Kali
Vaksinasi di Pekanbaru Mulai Besok, 10 Tokoh Publik Jadi yang Pertama

SeRiau - Vaknsinasi Covid-19 di Kota Pekanbaru bakal dimulai pada Kamis (14/1) besok. Vaksinasi ini dipusatkan di Puskesmas Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil mengatakan, pemerintah kota telah menerima sebanyak 11.040 dosis vaksin Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Riau. 
 
"Kita sudah terim vaksin Covid-19 sebanyak 11.040 dosis. 14 Januari besok vaksinasi kita mulai," kata Jamil dalam Rapat Checking Akhir Tim Persiapan Vaksinasi Covid-19 di Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Selasa (12/1/2021).

Ia mengungkapkan, pada tahap awal vaksinasi diberikan kepada tokoh publik, seperti kepala daerah, dan tenaga kesehatan (nakes). 

Sebelum vaksinasi dilakukan, setiap orang yang akan divaksinasi terlebih dulu dilakukan screening. Mereka akan berpuasa minimal 8 jam atau sekitar 10 jam sebelum divaksinasi.

Screening dilakukan untuk mengecek kondisi fisik calon penerima vaksin. Kalau ada penyakit bawaan, tokoh-tokoh publik yang diajukan namanya bisa jadi batal untuk untuk menerima vaksin. Hal itu untuk menghindari efek samping dari vaksin tersebut.

Sepuluh tokoh itu di antaranya, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahayadi, Wakil DPRD Pekanbaru Nofrizal, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, Perwakilan Kodim Kapten Nirzam, Kajari Pekanbaru Andi Sunarlis, Ketua PN Pekanbaru Saut Marulitua. 

Kemudian, Sekda Pekanbaru Muhammad Jamil, Tokoh Masyarakat Islam Sutan Syahril, Tokoh Masyarakat Budha Sarjoko, Tokoh Masyarakat Kristen Burhan Gurning.

"Maka dilakukan screning dulu. Saya baru saja melakukan screening untuk proses vaksinasi," terangnya. 

Ia mengungkapkan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pusat sudah memberikan izin penggunaan Vaksin Covid-19. Sementara Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga sudah mengizinkan penggunaan vaksin ini.

Vaksinasi ini akan dilakukan secara bertahap kepada masyarakat Kota Pekanbaru melalui 21 Puskesmas yang ada di Pekanbaru. (**H)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

4

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman

5

Sambut Mudik 2024, PLN Tambah 5 SPKLU di Riau