MENU TUTUP

SMKN 3 Pekanbaru Sebagai Center Of Excellence (CoE), Rita Johan: Baru Jurusan Perhotelan, Jurusan Lain Nyusul Tahun Ini.

Jumat, 08 Januari 2021 | 23:02:31 WIB | Di Baca : 2453 Kali
SMKN 3 Pekanbaru Sebagai Center Of Excellence (CoE), Rita Johan: Baru Jurusan Perhotelan, Jurusan Lain Nyusul Tahun Ini.

 

Seriau,- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Pekanbaru ditunjuk menjalanlan program Center of Excellence (CoE) atau sekolah pusat unggulan. Jurusan yang menjalan program CoE di SMKN 3, baru Jurusan Perhotelan. Sedangkan jurusan lain akan menyusul tahun ini.

" Memang sih, tahun lalu, baru Jurusan Perhotelan yang menjalankan program CoE. Tahun ini, jurusan lain kita usahakan namun tergantung dari kementerian, jurusan mana yang akan menjalankan program CoE. Nanti, kementerian memutuskan. Sejauh ini, semua jurusan sudah mulai kita terapkan, tapi yang baru ditetapkan diprogram CoE, hanya Jurusan Perhotelan," kata Kepala SMKN 3 Pekanbaru Hj. Rita Johan. SPd.MM, Jumat (8/1) di Pekanbaru

Sebagai sekolah CoE, kata Rita,  pemerintah pusat memberikan bantuan berupa program pengembangan produk di Jurusan Perhotelan. Pengembangan program CoE sudah berjalan sejak Oktober hingga Desember lalu. Sebagai sekolah pusat unggulan, pusat tidak memberikan bantuan dalam bentuk uang, melainkan program pengembangan produk seperti pelatihan." Di Jurusan Perhotelan ada pembelajaran laundry. Bahkan, untuk memperkuat kompetensi siswa, kita   sudah melakukan MoU dengan DUDI salah satunya dengan Guchi Laundry," kata kepala sekolah tingkat nasional ini.

Menurutnya, sekolah yang menjalan program CoE mempunyai keunggulan tersendiri diantaranya mengembangkan jiwa enteprenuer peserta didik, peluang kerja siswa  setelah menamatkan pendidikan lebih besar, menanamkan kewirausahaan dan yang tak kalah penting keterlibatan DUDI dalam proses belajar mengajar di sekolah. Siswa tidak hanya mengejar ijazah, tapi bagaimana siswa setelah tamat, tahu apa yang dikerjakan walaupun tidak melanjutkan pendidikan. Misalnya, mereka membuka usaha sendiri dirumah dan lain sebagainya." Jadi saya nilai, ini langkah Kementerian agar SMK punya kemampuan untuk melaksanakan pembelajaran bersama DUDI. Jadi keikutsertaan dunia usaha dan industri dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah" sebut Rita.

Selain sekolah yang dipimpinnya menjalankan program CoE, kata Rita, dirinya juga mengikuti program Chief Eksekutif Officer (CEO) dari Direktorat Mitras Dudi Kemendikbud. Pelatihan Peningkatan Kapabilitas Managerial Kepala SMK Berbasis Industri ini dilaksanakan di Binus University. Bagi peserta yang lulus mengikuti program CEO ini, ada sertifikat yang dikeluarkan oleh Kemendikbud. Ini artinya, ada pengakuan Kementerian dan DUDI, bahwa peserta sudah mengikuti pelatihan 545 jam." Dari 86 jumlah peserta yang mengikuti pelatihan di Binus University, SMKN 3 Pekanbaru meraih 12 sekolah terbaik dan alhamdulillah saya pun meraih nilai sangat memuaskan dalam pelatihan tersebut," kata Rita (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

3

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

4

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

5

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga