MENU TUTUP

Latih Kemahiran Menulis, Kadisdik Himbau Guru Harus Rajin Menulis

Senin, 09 November 2020 | 11:03:56 WIB | Di Baca : 1061 Kali
Latih Kemahiran Menulis, Kadisdik Himbau Guru Harus Rajin Menulis Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas foto bersama dengan para guru di sela-sela acara kunjungan ke sekolah

 

SeRiau - Selain mengajar dan mendidik murid, para guru juga akan punya nilai plus jika bisa menulis. Karena tulisan yang dibuat, apalagi dipublikasikan otomatis menjadi pendongkrak golongan guru tersebut.

Karena itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru Dr Ismardi MAg menekankan, agar para guru rajin menulis.

“Guru itu, memang harus rajin menulis. Dengan begitu ilmunya akan bertambah, termasuk wawasannya akan semakin luas,” kata Ismardi.

Menurutnya, membuat tulisan itu tentu tidak asal jadi. Guru yang suka menulis, pasti dia juga suka membaca. Makanya, kalau rajin membaca wawasan guru akan bertambah. Ilmu itulah yang bisa ditulis dan bisa pula dibaca oleh murid dan masyarakat luas.

“Tak perlu menunggu diperintah-perintah. Menulis itu, kan sudah jadi kebiasaan mestinya. Kalau sudah terbiasa pasti menulis itu akan mudah saja. Saya saja, kalau ada waktu luang pasti menulis. Jadi, saya imbau seluruh guru mari rajin-rajinlah menulis,” ajak Kadisdik Ismardi.

Ditambahkannya, materi tulisan guru itu tidak perlu yang berat-berat. Apa yang ditemui saat di sekolah atau saat mengajar, apalagi sekarang sistem belajar dalam jaringan (daring), pasti banyak hal yang bisa jadi bahan tulisan.

“Tidak perlu yang berat-berat bahan tulisan itu. Mulai saja dengan yang ringan. Misal, apa kendala yang dihadapi saat mengajar daring, atau bagaimana cara efektif untuk mengajar saat kondisi begini. Nah, kalau itu ditulis pasti banyak peminat membacanya. Jadi, mulai saja agar terbiasa,” ujarnya.

Terlebih dimasa pandemi Covid-19 saat ini, Ismardi Mengharapkan guru-guru terus mengasah kemahiran dalam menulis. “Meskipun dalam Pandemi Covid-19 kita harapkan para guru tetap produktif, dan dapat menghasilkan karya-karya yang bermanfaat,” harapnya. (Adv)


Loading...
Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Pesantren Terpadu YLPI Riau Dibangun di Lahan 7 Hektar di Pasir Putih

2

Penuhi Syarat, Haris Kampay Daftar Calon Ketua POBSI Riau

3

BC Dumai Dan BNK Gagalkan Penyelundupan 500 Gram Sabu Di Kapal Penumpang Fery Batam Jet Tanpa Pemilik.

4

Komisi II RDP Dengan Disperindag Bahas Soal Kenaikan Harga Sembako

5

Buka Bazar UMKM, Pj Wako Sebut Pelaku UMKM Perlu Pembinaan Agar Produknya "Menasional"