MENU TUTUP

Gali Potensi Siswa, Selempang Melayu Buatan Siswa SMAN 4 Pekanbaru Diminati Masyarakat

Selasa, 29 September 2020 | 08:44:01 WIB | Di Baca : 3331 Kali
Gali Potensi Siswa, Selempang Melayu Buatan Siswa SMAN 4 Pekanbaru Diminati Masyarakat

 

Seriau,- Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Pekanbaru terus berkarya untuk pendidikan yang bermutu dengan mengali potensi siswa menuju investasi SDM. Ini terbukti dari hasil karya siswa kelas XI IPA berupa Selempang Melayu

" Kita ingin terus mengali potensi diri siswa kita. Banyak potensi yang bisa mereka kembangkan salah satunya karya siswa berupa Selempang Melayu," kata Kepala SMAN 4 Pekanbaru, Hj.Yan Khoriana. MPd, Senin (28/9) di Pekanbaru.

Menurut Khori, pembuatan Selempang Melayu ini bagian dari mata pelajaran muatan lokal yang diintegrasikan dengan budaya melayu. Potensi siswa dapat digali dengan menanamkan cinta budaya melayu. Siswa menghasilkan selempang motif melayu dengan berbagai kreasi dan ukuran. Selempang Melayu buatan siswa, kata Khori, banyak diminati oleh masyarakat salah satunya dengan kerjasama pihak UIN Suska Riau. Selempang Melayu akan digunakan diacara besar kampus.

" Ini suatu kebanggaan bagi sekolah karena hasil karya siswa diminati dan digunakan oleh masyarakat. Kerja keras siswa membuahkan hasil yang membanggakan," kata Khori didampingi Waka Humas SMAN 4 Pekanbaru Dra. Citra Aries. MPd

Dikatakan Khori, dalam proses pengerjaan siswa sangat menikmati pembuatan Selempang Melayu. Pengerjaan yang dibimbing guru Pak Efendi melalui google meeting. Adapun bahan yang digunakan untuk pembuatan Selempang Melayu kain bludru+ puring, pinggiran melayu 2 meter, lem tembak, aksesoris Melayu. Sedangkan alat terdiri dari gunting mesin jahit. Cara membuatnya, tentukan ukuran yang diinginkan. Potong kain selempangan beserta bahan pelapisnya dan taruh bahan pelapis diatas kain.

Selanjutnya, siapkan kain lap penutup. Tekan kain lap menggunakan setrika hangat. Rekatkan sisa bahan pelapis dengan kain lalu lepaskan kain lap secara perlahan. Lipat kain selempang secara memanjang. Potong sisi ujung menyerupai segitiga. Jahit sudut yang terbuka. Potong sudut. Putar balikkan kain selempang. Tekan lagi selempang dan tutup lubangnya. Jahit puring ke pinggir selempang. Tempelkan aksesoris melayu menggunakan lem tembak. (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H

5

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H