MENU TUTUP

134 Peserta Aktif Ikuti Webinar Perjuangan YLPI Riau Majukan Pendidikan Islam di Riau

Rabu, 02 September 2020 | 09:24:55 WIB | Di Baca : 2293 Kali
134 Peserta Aktif Ikuti Webinar Perjuangan YLPI Riau Majukan Pendidikan Islam di Riau

 

Seriau,- Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau mengelar Webinar Perjuangan YLPI Riau dalam Memajukan Pendidikan Islam di di Provinsi Riau.

Webinar yang dipandu oleh Dr. M Ali Noer. MA sebagai moderator menghadirkan keynote speaker Drs. H. Mukni (Ketua Dewan Pembina YLPI Riau,) dan DR.H.Nurman. MSi (Ketua Umum YLPI Riau). Sedangkan pemateri Webinar diisi oleh Drs. H. UU Hamidy MA dengan topik “Jejak Perjuangan YLPI Riau dalam Memajukan Pendidikan Berbasis Islam di Provinsi Riau". Pemateri kedua diisi oleh Dr. H. Adian Husaini, M,Si (Ketua Program Doktor Universitas Ibnu Kholdun Bogor) dengan topik “Strategi Perguruan Tinggi Islam dalam Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045”.

Kegiatan Webinar yang dibuka oleh Ketua Umum YLPI Riau Dr.H. Nurman. MSi mengatakan peserta Webinar ini diikuti oleh 134 orang mulai dari rektor, wakil rektor, ketua jurusan, dosen, pengurus YLPI Riau, guru dan kepala sekolah dalam upaya untuk mengingat kembali perjuangan YLPI Riau sebagai yayasan yang fokus memajukan pendidikan Islam di Provinsi Riau." YLPI Riau yang mendobrak majunya pendidikan Islam di Riau dan ini sesuai dengan visi dan misi YLPI Riau," kata Nurman melalui Zoom Meeting, Selasa (1/9) di Pekanbaru

Dikatakan Nurman, Visi YLPI Riau menjadikan lembaga pendidikan islam terpadu dan diakui berhasil dalam mempersiapkan generasi terbaik yang berkepribadian islami. Sedangkan Misi YLPI Riau menyelenggarakan dan mengembangkan program pendidikan islami secara profesional pada tingkat PAUD, TK, SD, SLTP, SLTA dan pendidikan sederajat lainnya serta perguruan tinggi (UIR). Misi YLPI juga membina dan mengoptimalkan potensi rohani, jasmani, akal dan akhlak peserta didik dengan memadukan potensi, orangtua, guru dan masyarakat, pemerintah dan lingkungan." Visi dan misi besar inilah yang harus dikembangkan dalam program kerja di setiap satuan pendidikan mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi," kata Nurman.

Sedangkan Ketua Pembina YLPI Riua Drs.H. Mukni lebih megedepan masalah asas dalam suatu yayasan yang menjadi dasar tumpuan berfikir dan berpendapat. Asas meruakan suatu cita cita dalam perkumpulan atau organisasi. Asas ibarat suatu bangunan (pondasi) yang kuat dan tidak goyah. Karena pondasi yang kuat akan membuat bangunan yang kokoh tidak mudah runtuh. YLPI Riau, kata Mukni, mengambil asas islam. Islam dijadikan sebagi ideologi. Makna dari segala kehidupan dari manusia dan organisasi harus berdasarkan atau berpedoman kepada ajaran islam. Selaku dewan pembina mengharapkan YLPI Riau akan maju berkembang untuk membina anak didik menjadi insan insan yang beriman dan bertaqwa menjalan amal sholeh untuk mencapai kehidupan berbahagia di dunia da berbahgia di akhirat hanyalah dengan menjalankan syariat Islam secara kaffah," kata Mukni 

Sedangkan UU Hamidy lebih menyorot masalah perjuangan YLPI memajukan pendidikan berbasis Islam di Riau. Meskipun Zaini Kunin bagikan episentrum YLPI Riau dengan para pendiri YLPI bagaikan sumbu menggerakkan jejak langkah YLPI, tapi ujung tombak mencapai cita cita YLPI,  berada di tangan kepala sekolah, para guru, rektor , dekan dan para dosen." Adakah pesan YLPI ini jadi agenda pendidikan oleh mereka yang diberi amanah dan tanggung jawab." Inilah yang harus di renungkan sekarang, jika kita memang hendak menjadikan lembaga pendidikan yang didirikan YLPI sebagai ladang amal bukan ladang harta," kata UU Hamidy.

Sementara Dr. H. Adian Husaini, M,Si mengangkat topik dengan Strategi Perguruan Tinggi Islam dalam Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045”. Salah satu strateginya harus menyiapkan guru guru yang hebat dan berkualitas. Sebab, seberapa bagus kurikulum yang dibuat, namun tanpa adanya guru yang hebat dalam mendidik anak bangsa, juga tidak ada artinya. Oleh sebab itu, harus dipersiapkan guru guru yang hebat, kompeten untuk mendidik anak bangsa. (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid