MENU TUTUP

Sekretariat Permasajatim Riau Diresmikan, Kampriwoto: Wadah Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Asal Jatim

Sabtu, 29 Agustus 2020 | 09:51:38 WIB | Di Baca : 2940 Kali
Sekretariat Permasajatim Riau Diresmikan, Kampriwoto: Wadah Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Asal Jatim

 

Seriau,- Perkumpulan Masyarakat Jawa Timur (Permasajatim) Provinsi Riau resmi memiliki Kantor Sekretariat yang berada di jalan Soekarno Hatta Kelurahan Sidomulyo Timur, Pekanbaru. Acara Peresmian Sekretariat dilakukan, Jumat (28/8) malam di Pendopo Amarta Puri oleh Ketua Umum Permasajatim Riau, Kampriwoto.

Dalam kesempatan tersebut, Kampriwoto menjelaskan bahwa Permasajatim Riau baru berdiri sejak tanggal 8 Maret 2020 setelah adanya kunjungan Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama 98 orang delegasi ke Provinsi Riau dalam acara Misi Dagang Jawa Timur 5 Maret 2020 lalu. Kehadiran Khofifah di Riau, selain misi dagang juga ingin menjalin dan bertemu dengan masyarakat asal Jatim di daerah ini. Salah satunya dalam rangka pemberdayaan masyarakat Riau asal Jatim." Sepulang ibu Khofifah kita langsung berembuk membentuk Permasajatim di Riau tanggal 5 Maret. Dari rembukan tersebut terpilih saya Kampriwoto sebagai Ketua Umum, Sekjen Mujiono dan Ketua Harian Turoechan Ansyari," kata  Kampriwoto di sela Peresmian Sekretariat Permasajatim Riau, Jumat (28/8) malam.

Hal yang sama juga dikatakan Sekjen Permasajatim Riau Mujiono. Saat ini, kata Mujiono, jumlah masyarakat asal Jatim tergolong banyak tersebar di seluruh kabupaten/kota di Riau.  Masyarakat asal Jatim dengan berbagai profesi diprediksi mencapai 40 ribu hingga 50 ribu kepala keluarga yang menetap dan sudah menjadi warga Riau." Saya sendiri saja asal Pacitan. Masih banyak warga asal Jatim yang menetap di Riau, ada di Bengkalis, Meranti dan daerah lainya," kata Mujiono.

Sementara Ketua Harian Permasajatim Riau Turoechan Ansyari mengatakan, besarnya jumlah masyarakat asal Jatim di Riau harus diberdayakan sehingga pluralisme yang telah terbentuk selama ini menjadi khasanah kekayaan Provinsi Riau." Saat kunjungan ke Riau beberapa waktu lalu, Ibu Khofifah berpesan agar tetap menjalin hubungan yang harmonis, salah satunya dengan membantu kegiatan-kegiatan yang sifatnya produktif bagi masyarakat asal Jatim di Riau," ujar Turoechan Ansyari.

Hubungan Riau dan Jatim, kata Ansyari, harus dibangun sedemikian rupa. Potensi yang ada di daerah ini dan di Jatim sangat besar dan harus saling melengkapi. Riau yang memiliki lahan dan perkebunan kelapa sawit yang sangat luas tetapi belum mampu memenuhi kebutuhan pupuknya. Di sisi lain Jatim memiliki potensi pupuk dengan kualitas yang sama dengan pupuk impor.

Ansyari juga mengatakan setelah peresmian sekretariat malam ini, kedepan Permasajatim akan melakukan audiensi dengan Gubernur Riau dan menggelar pelantikan pengurus. Bahkan nanti pihaknya kembali mengundang Gubernur Jawa Timur ke Riau." Dalam waktu dekat ini kita akan lakukan pelantikan pengurus  Permasajatim Riau," katanya. (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid