MENU TUTUP

SMRC: 81 Persen Warga Nilai Ekonomi Nasional 2020 Buruk

Selasa, 14 Juli 2020 | 18:44:32 WIB | Di Baca : 2308 Kali
SMRC: 81 Persen Warga Nilai Ekonomi Nasional 2020 Buruk

SeRiau - Hasil survei nasional dari Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menyatakan 81 persen masyarakat Indonesia menilai kondisi ekonomi nasional pada 2020 saat pandemi virus corona lebih buruk bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Tentang pertanyaan ekonomi nasional, ada 81 persen warga yang menilai kondisi ekonomi nasional sekarang lebih buruk atau jauh lebih buruk dibanding tahun lalu," kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani saat menyampaikan hasil survei SMRC secara virtual, Selasa (14/7).

Deni mengatakan berdasarkan tren kondisi ekonomi Indonesia sejak 2003 tak pernah terjadi penilaian masyarakat terhadap kondisi ekonomi seburuk masa pandemi virus corona pada tahun ini.

"Kondisi ekonomi sekarang bisa kita katakan sangat buruk, atau terburuk sepanjang pengukuran survei opini publik," ujarnya.

Dari survei itu, kata Deni, 80 persen masyarakat saat ini percaya bahwa Indonesia sedang berada di ambang resesi dan krisis ekonomi.

"Warga pada umumnya 80 persen mengatakan sangat atau cukup percaya bahwa Indonesia berada di ambang krisis dan resesi," kata Deni.

Meski demikian, Deni menyebut 47 persen warga optimistis kondisi ekonomi nasional ke depan akan lebih baik, sementara 39 warga menilai kondisi ekonomi akan lebih buruk, jauh lebih buruk dan tidak ada perubahan.

"Optimisme warga dalam melihat kondisi ekonomi nasional ke depan terlihat terus menguat sejak kebijakan New Normal," ujarnya.

Survei ini melibatkan 2.215 responden yang dipilih secara acak di sejumlah Indonesia dan dilakukan pada 8-11 Juli 2020. Margin of error survei sebesar 2,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (**H)


Sumber: CNN Indonesia


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid