MENU TUTUP

Jalur Zonasi, Kadisdik Riau Minta Sekolah Prioritaskan KK daripada SKD

Rabu, 24 Juni 2020 | 19:09:37 WIB | Di Baca : 2323 Kali
Jalur Zonasi, Kadisdik Riau Minta Sekolah Prioritaskan KK daripada SKD

 

Seriau,- Persoalan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mulai ada solusi terutama terkait masalah Surat Keterangan Domisili. (SKD). Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram meminta sekolah memprioritaskan Kartu Keluarga (KK) asli daripada SKD surat penganti KK

" Kita berpedoman kepada Peraturan Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2020. Dalam aturan tersebut, memprioritaskan KK asli dari pada SKD. Oleh karena itu, saya minta sekolah lebih utamakan KK dari pada SKD," kata Zul Ikram saat meninjau pelaksanaan PPDB di SMAN 1 Pekanbaru, Rabu (24/6) siang

Masalah SKD, kata Zul Ikram, pihak sekolah supaya memverifikasi faktual terhadap SKD yang dikeluarkan. Sebab, banyak laporan yang diterima terkait beredarnya SKD baru yang berada di dekat sekolah." SKD ini harus diverifikasi keabsahannya oleh sekolah. Apa betul yang bersangkutan tinggal di daerah tersebut. Dan ini perlu verifikasi faktual terhadap SKD," tegas Zul Ikram.

Sementara Kepala SMAN 1 Pekanbaru Dr. Wan Roswita.MPd mengatakan PPDB di SMAN 1 Pekanbaru mengutamakan KK asli dari pada SKD untuk mendaftar jalur zonasi. Keabsahan SKD ini, pihak sekolah akan memverifikasi faktual guna mengecek kebenaran SKD yang dikeluarkan." Sebelum di input, kita akan verifikasi faktual dulu SKD yang dikeluarkan, asli atau tidak. Kalau sesuai, baru kita input. Kita tidak akan lari dari juknis," kata Wan, Rabu (24/6) di Pekanbaru.

Terkait dengan SKD, kata Wan, pihak sekolah mengaku sudah memverifikasi kelapangan, tapi belum semua. Hasilnya, memang ada juga ditemukan keganjilan." Verifikasi faktual itu untuk memastikan jika ada masyarakat yang komplain ditolak. Jadi kami punya jawaban, bahwa kami sudah memverifikasi dan sudah turun ke lapangan," jelas Wan (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

2

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

3

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman

4

Sambut Mudik 2024, PLN Tambah 5 SPKLU di Riau

5

Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik, Pastikan 1.299 Unit Se-Indonesia Siaga Layani Pengguna Mobil Listrik