MENU TUTUP

1000 Guru Riau Ikuti Bimtek Pembelajaran Online Daring LPMP Riau, Gubri: Manfaatkan Aplikasi Kecanggihan Teknologi

Rabu, 17 Juni 2020 | 19:00:08 WIB | Di Baca : 2797 Kali
1000 Guru Riau Ikuti Bimtek Pembelajaran Online Daring LPMP Riau, Gubri: Manfaatkan Aplikasi Kecanggihan Teknologi

 

Seriau,- Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Riau melaksanakan Bimbingan Teknis Pembelajaran Online Daring bagi Tenaga Pendidik di Provinsi Riau. Pembelajaran dalam jaringan ini mendapat dukungan dari Gubernur Riau H.Syamsuar.MSi dalam upaya membantu Pemerintah Daerah meningkatkan kompetensi guru di wilayahnya masing-masing.

" Bimtek ini akan memberikan stimulus bagi guru yang belum memahami dan memanfaatkan berbagai aplikasi-aplikasi media sosial yang semakin canggih. Kita berharap guru bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi. Kegiatan ini jangan sampai terhenti disini, meskipun pemerintah telah menerapkan “New Normal” bagi seluruh daerah, tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata Gubernur Riau H. Syamsuar yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Provisni Riau Zul Ikram. MPd, Senin (17/6) usai membuka Bimtek Pembelajaran Online Daring bagi Tenaga Pendidik Provinsi Riau, Rabu (17/6) di Aula LPMP Riau.

Dikatakan Gubri, dengan terputusnya proses belajar mengajar akibat penyebaran Covid-19, diharapkan peran tenaga pendidik dan kependidikan dapat beralih mengajar melalui media online dan pembelajaran tetap terus berjalan hingga pandemi Covid-19 berakhir. Peningkatkan mutu dan kualitas pendidikan bukan hanya dari sekolah unggulan saja, tetapi peningkatan mutu pendidikan harus diperkuat dengan guru yang unggul dan berdaya saing guna mendukung sistem pendidikan yang berkualitas." Kami berharap peserta dapat menyusun rencana tahap pembelajaran online secara daring dengan peserta didiknya, sehingga proses belajar mengajar tidak terputus meski masa pandemi covid-19 ini belum berakhir. Peserta juga harus memahami dan menguasai berbagai aplikasi media sosial yang cocok untuk membangun proses belajar bersama," kata Gubri.

Sementara Kepala LPMP Riau Yudi Nurman mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti Bimtek Pembelajaran Online Daring Bagi Guru tingkat SD, SMP, SMA dan SMK di Provinsi Riau mencapai 1000-an lebih. Pembelajaran yang dikelompokan bagi guru pemula, menengah dan mahir ini dibagi dalam 5 gelombang. Masing masing angkatan pembelajaran Bimteknya selama 11 hari. Pembelajaran daring ini mampu meningkatkan kinerja tenaga pendidik dimasa Covid dan new Norman dengan harapan tenaga pendidik bisa membuat cara pembelajaran yang aplikatif untuk peserta didik. Pembelajaran ini bagaimana membuat model pembelajaran yang aplikatif, memanage pekerjaan daring, perencanaan dan membuat pembelajaran video daring dan lain sebagainya." Untuk pelatihan ini, kita memberikan paket internet gratis dari exis sebesar Rp 350 ribu kepada peserta. Hal ini guna memudahkan guru dalam mengikuti pembelajaran daring,"  kata Yudi disela kegiatan

Yudi juga mengatakan, peran guru sangat menentukan mutu pendidikan. Dimasa pandemi ini, pembelajaran tatap muka dihentikan dulu dan diberlakukan pembelajaran online daring. Sebagai instruktur dari Bimtek berasal dari Widia Iswara LPMP, Rumah Belajar, PGRI Riau dan Dinas Pendidikan Provinsi Riau." Hingga bimtek gelombang ketiga ini semuanya berjalan lancar namun juga akan kita evaluasi mana yang harus diperkuat dan mana yang tidak. Sebab, pembelajaran daring yang disampaikan kepada peserta didik berbeda dengan tatap muka," kata Yudi.

Hadir dalam Pembukaan Bimtek Pembelajaran Online Daring Bagi Tenaga Pendidik di Provinsi Riau antara lain Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Ketua PGRI Riau M. Syafii, pejabat LPMP Riau, pengawas Disdik Riau, H Basri. Kegiatan Bimtek ini juga mendapat arahan dari Plt. Dirjen PAUD, Dikdas dan Dikmen Kemendikbud Hamid Muhammad melalui video confrence.(zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

NasDem Usung H Bistamam - Jhony Charles bertarung di Rokan Hilir

2

PPDB Jalur Bosda Afirmasi SMA/SMK Swasta Diperpanjang Hingga 10 Juli

3

15 Anak Autis Ikut Khitanan Massal IDI Cabang Pekanbaru dan ULD Disdik Riau

4

Dua Bersaudara Perenang Riau Aquatic Pekanbaru Raih Medali Emas di Brunei

5

35 Siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru Berkemajuan Lulus SNBT, Dua Siswa Lulus Kedokteran UGM dan UNAND