MENU TUTUP

Siaga Banjir, Babinsa Pantau Debit Air Sungai Batang Sosah

Rabu, 20 Mei 2020 | 12:55:12 WIB | Di Baca : 2786 Kali
Siaga Banjir, Babinsa Pantau Debit Air Sungai Batang Sosah

SeRiau - Babinsa Koramil 11/Tambusai Koptu Syahrizal Nasution lakukan pemantauan terhadap keadaan air Sungai Batang Sosah bersama dengan beberapa orang warga Dusun Kuala Tambusai, Desa Sei Kumango Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu, Rabu (20/05/2020).

Pemantauan dilakukan, mengingat di wilayah tersebut ada beberapa titik yang diperkirakan dapat terjadi banjir kiriman dari hulu sungai seperti dari wilayah Kecamatan Huta Raja Tinggi (Huragi) Kabupaten Padang Lawas Sumut. Apa lagi, keadaan cuaca saat ini tidak menentu.

Untuk mengetahui secara dini debit air sungai tersebut, Danramil 11/Tambusai Kapten Inf M Fadhil memerintahkan Babinsa agar rutin terus memantau dan meninjau ke titik lokasi daerah rawan banjir.

"Pemantauan ini dilakukan mengingat intensitas curah hujan terkadang cukup tinggi di hulu sungai Batang Sosah. Sehingga dapat menyebabkan debit air sungai menjadi naik," ujar Kapten Fadhil.

Lebih lanjut Danramil mengatakan bahwa pihaknya sudah mengerahkan para Babinsa untuk terus memantau perkembangan situasi sekaligus membantu warga apabila terjadi banjir. Babinsa juga diminta untuk terus berkoordinasi dengan Babinkamtibmas, Kepala Desa Sei Kumango serta perangkatnya untuk memastikan  langsung keadaan ketinggian air di sungai Batang Sosah.

Menurutnya, banjir kiriman dapat mengakibatkan air sungai Batang Sosah meluap sampai ke permukiman warga, badan jalan dan areal pertanian. Sehingga bisa melumpuhkan perekonomian masyarakat.

Berdasarkan pantauan Babinsa, Ia mengatakan ketinggian air masih keadaan kondisi siaga. Meski begitu, Babinsa harus tetap memantau dan terus melakukan komunikasi dengan sejumlah unsur terkait, sebagai antisipasi terjadinya banjir. Hal itu mengingat perkembangan situasi dan kondisi yang bisa saja berubah-ubah. (**H)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid