MENU TUTUP

Erick Thohir Ingin RI Tak Terjebak Impor Sektor Kesehatan

Kamis, 16 April 2020 | 19:01:36 WIB | Di Baca : 1489 Kali
Erick Thohir Ingin RI Tak Terjebak Impor Sektor Kesehatan

SeRiau - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ingin Indonesia tak terjebak dengan impor khususnya pada sektor kesehatan. Sebab, saat ini mayoritas atau 90 persen bahan baku didatangkan dari luar negeri. Tak hanya itu, Indonesia juga masih mengimpor sebagian besar alat kesehatan.

"Saya mohon maaf kalau menyinggung beberapa pihak, janganlah negara kita yang besar ini selalu terjebak praktik-praktik yang kotor, sehingga alat kesehatan musti impor, bahan baku musti impor," ujarnya melalui Instagram live saat mengunjungi RS Pertamina, Kamis (16/4).

Erick memaparkan riset Majalah The Economist terbaru menyatakan covid-19 merupakan kesempatan bagi negara-negara untuk memperkuat supply chain (rantai pasok), termasuk sektor kesehatan.

Karenanya, ia meminta seluruh pihak terkait untuk membongkar praktik kotor impor sektor kesehatan yang menghalangi pembangunan industri nasional.

"Jangan semuanya ujung-ujungnya duit terus. Akhirnya kita terjebak short term policy (kebijakan jangka pendek) yang didominasi oleh mafia-mafia trader-trader (perdagangan) itu. Kita harus lawan dan Pak Jokowi punya keberpihakan itu," ucapnya.

Sejalan dengan itu, ia mendorong seluruh mendorong pembangunan industri kesehatan nasional. Ia tidak menampik jika upaya pembangunan industri kesehatan dalam negeri bukan hal yang mudah.

Namun, ia meyakini secara perlahan kapasitas industri kesehatan dalam negeri dapat ditingkatkan. "Kami juga tidak anti impor. Memang, ada beberapa yang tidak bisa dilakukan (dalam negeri), tapi yang kami bisa lakukan, harus bisa," jelasnya.

Kementerian BUMN sendiri telah mengoperasikan RS Pertamina Jaya sebagai tempat penanganan pasien yang terinfeksi virus corona. RS Pertamina akan dilengkapi alat tes laboratorium yang didatangkan langsung dari perusahaan alat kesehatan Swiss, Roche.

Alat tersebut mampu melakukan test 1.300 sampel setiap harinya. Alat ini menganalisis air liur atau lendir pasien dan dapat memberikan hasil tes dalam waktu empat jam.

Tak hanya itu, RSPJ juga akan membuat aplikasi pemeriksaan swab untuk mendeteksi virus corona secara drive thru.

"Mereka sudah operasi sejak kemarin, sekarang mereka lagi buat aplikasi untuk tes swab drive thru, jadi nanti tinggal janjian di lokasi mana, jam sekian, nanti akan datang dan disiapkan oleh RSPJ," ungkap Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. (**H)


Sumber: CNN Indonesia


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H

5

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H