MENU TUTUP

Efisiensi Anggaran, FKIP Unri Tiadakan Yudisium, Dekan FKIP: 514 Mahasiswa Bakal Diwisuda

Selasa, 10 Maret 2020 | 09:12:46 WIB | Di Baca : 2922 Kali
Efisiensi Anggaran, FKIP Unri Tiadakan Yudisium, Dekan FKIP: 514 Mahasiswa Bakal Diwisuda

 

Seriau,- Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau pada wisuda periode maret 2020 ini tidak lagi melaksanakan kegiatan yudisium bagi calon wisudawan. Yudisium yang setiap kali digelar sebelum prosesi wisuda ini, baru pertama kali ditiadakan sejak adanya FKIP UNRI.

" Sudah menjadi tradisi setiap kali menjelang prosesi wisuda, para lulusan biasanya melaksanakan yudisium. Namun, pada wisuda maret 2020 yudisium ditiadakan lagi. Para lulusan hanya melaksanakan prosesi wisuda saja," kata Dekan FKIP Unri, Prof. Mahdum.MPd. PhD, Senin (9/3) di Pekanbaru.

Kebijakan tidak membolehkan lagi melaksanakan yudisium, kata Mahdum, merupakan kebijakan dikeluarkan oleh Rektor UNRI. Kebijakan ini sejak tahun 2020 dan berlaku bagi seluruh fakultas yang ada di UNRI." Ya, kebijakan ini baru dikeluarkan oleh Rektor. Bagi fakultas, tidak boleh lagi melaksanakan yudisium bagi mahasiswa yang akan diwisuda," kata Mahdum.

Menurut Mahdum, kebijakan tidak melaksanakan yudisium bagi lulusan dengan alasan untuk efesiensi anggaran dan efektifitas bagi mahasiswa. Jika dilaksanakan yudisium mungkin memberatkan orangtua karena membutuhkan biaya yudisium dan biaya wisuda.  Sebagai penggantinya, kata Mahdum, yudisium dilakukan setelah mahasiswa dinyatakan lulus ujian akhir sarjana langsung diyudisium. Yudisium ini sifatnya pengakuan atas gelar sarjana yang diraih mahasiswa." Jadi kebijakan rektor tidak membolehkan  yudisium untuk penghematan dan efensiensi dana yang dikeluarkan mahasiswa. Prosesi wisuda cukup satu kali saja saat wisuda," kata guru besar bahasa Inggris FKIP ini.

Ditambahkannys, kegiatan wisuda rencananya tanggal 19 maret ini, FKIP Unri berhasil melahirkan 514 sarjana. Jumlah wisuda FKIP ini merupakan jumlah wisuda terbanyak di fakultas yang ada di UNRI." Hampir setiap wisuda UNRI, FKIP selalu melahirkan lulusan terbanyak dan wisuda maret ini FKIP mewisudakan 514 sarjana," kata Mahdum.(zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid