MENU TUTUP

Dishub Pekanbaru AkanTambah Rambu Lalu Lintas Truk Masuk Kota

Rabu, 12 Februari 2020 | 19:57:48 WIB | Di Baca : 1299 Kali
Dishub Pekanbaru AkanTambah Rambu Lalu Lintas Truk Masuk Kota

SeRiau - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru tegaskan bahwa aturan tentang lalu lintas truk di Kota Pekanbaru bukanlah melarang, akan tetapi mengatur rute truk.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Bidang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Pekanbaru, Edi Sofyan, SK Wali Kota Nomor 649 tanggal 27 Desember tahun 2019 itu mengatur lalu lintas truk masuk kota.

"Aturan itu mengatur, bukan melarang. Mengatur tentang lalu lintas Kota Pekanbaru, karena ini juga berkaitan dengan kepentingan masyarakat umum yang harus diutamakan. Jadi Wali Kota mengatur rute-rute truk, terutama kendaraan berat," kata Edi, Rabu (12/2/2020).

"Nah, untuk truk Co diesel kita akomodir dengan peraturan Wali Kota, baik untuk supir itu sendiri maupun untuk masyarakat," jelasnya.

"Namun, para pengemudi meminta agar rambu-rambu lalu lintas yang telah kita pasang itu di desain ulang. Nah, rambu-rambu tidak boleh dicabut, karena rambu-rambu untuk pengatur lalu lintas," tegasnya.

Meski begitu, pihaknya akan membuat pengecualian di rambu-rambu yang terpasang dengan menambahkan papan tambahan.

"Kita akan tambahkan pengecualian disana, seperti 'truk dilarang masuk kecuali MST 5 ton'. Nanti kita tambahkan itu, sehingga Co Diesel bisa masuk," jelasnya.

"Memang, secara berat tidak merusak jalan. Namun, karena keterbatasan ruas jalan, yang rasio truk itu lebar, satuan mobil truk dengan mobil penumpang itu satu banding dua, jadi akan memakan ruas jalan," ungkapnya.

Berdasarkan itu, pihaknya tidak akan merubah SK Walo Kota Nomor 649 tersebut. Namun aturan itu akan diturunkan dengan SK Kepala Dinas, yaitu dengan menambah rambu-rambu yang ada, bukan mencabutnya.

"Kami akan persiapan rambu tambahan, kami sedang persiapkan karena ini berhubungan dengan anggaran. Kemudian kami juga persiapkan SK sebagai petunjuk utnuk rambu tambahan," ungkapnya.

"Jadi tidak ada masalah, dan pengemudi pun sudah tenang dan mereka setuju dengan rute yang telah kita atur tersebut," pungkasnya. (**H)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid