MENU TUTUP

Jelang Natal dan Tahun Baru 2020, BIN: Kita Patroli Siber 24 Jam

Jumat, 20 Desember 2019 | 18:37:52 WIB | Di Baca : 961 Kali
Jelang Natal dan Tahun Baru 2020, BIN: Kita Patroli Siber 24 Jam

SeRiau - Badan Intelijen Negara (BIN) sudah memetakan titik-titik rawan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020. BIN memastikan sudah berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait untuk menjaga keamanannya.

"Memang ada catatan ya, cuma memang tidak kita publish, tapi kita sampaikan kepada aparat keamanan terkait supaya mereka lebih melakukan sistem terkoordinasi untuk bisa mewaspadai di lingkungannya. Kalau kita sampaikan takut seolah-olah mencekam," ujar Direktur Komunikasi dan Informasi BIN Wawan Purwanto, di Graha Oikumene, Jl. Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019).

Wawan mengatakan pihaknya bersama instansi terkait juga mempertebal wilayah dengan zona merah. Hingga saat ini, kata Wawan, seluruh aparat keamanan melakukan patroli siber 24 jam, untuk menetralisir terjadinya ketegangan.

"Di mana yang rawan tentu kita tambah kekuatan, yang hijau ya standar, tapi yang merah tentu akan ada penambahan. Sekarang kita juga terus melakukan patroli siber 24 jam untuk bagaimana kalau ada hal-hal yang memang perlu disikapi cepat, terus juga literasi publik dan toleran dan menjauhi sikap-sikap lebih kepada memanasi suasana, termasuk juga ujaran kebencian itu kita netralisir untuk menjadi sebuah harmoni," katanya.

"Karena perayaan Natal dan tahun baru ini kan sudah kita lalui setiap tahun jadi kita tidak ingin ada suasana yang tidak mengenakkan bagi kehidupan toleransi umat beragama ataupun umat beragama," lanjut Wawan.

Lebih lanjut, Wawan mengatakan situasi perayaan Natal dan tahun baru dilihatnya semakin membaik dari tahun ke tahun. Terlebih semakin besarnya sikap toleransi antar-umat beragama saat ini.

"Sebenarnya makin ke sini itu makin baik ya kalau geger itu kan tahun 2000-an, ada ledakan di mana-mana, tapi mulai tertangkap mulai terungkap. Mulai dilakukan literasi terus, persentase mulai membaik, diharapkan kondisi tahun ini bisa lebih baik, karena kan kita juga menempatkan kekuatan untuk menjaga yang standby di masing-masing tempat ibadah, termasuk melibatkan tokoh agama lain, yang silih berganti menjaga tempat ibadah," ujarnya

Untuk itu, Wawan meminta masyarakat tidak usah khawatir. Dia mengajak masyarakat untuk peka dan cepat lapor jika menemukan hal-hal mencurigakan.

"Menurut saya masyarakat tetap melakukan ibadah seperti biasa, namun kalau ada hal-hal yang mencurigakan cepat melapor kepada aparat setempat untuk ditindaklanjuti sehingga ini fungsinya adalah deteksi dini dan lapor cepat," tuturnya. (**H)


Sumber: detikNews


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid