MENU TUTUP

Ini Kata Dekan Fisip UNRI Soal Aksi Demo Mahasiswa," Demo Hal yang Wajar, Asalkan Jangan Anarkis"

Rabu, 02 Oktober 2019 | 20:00:48 WIB | Di Baca : 3958 Kali
Ini Kata Dekan Fisip UNRI Soal Aksi Demo Mahasiswa,

 

SeRiau,- Maraknya aksi demo yang dilakukan mahasiswa baik ditingkat nasional dan daerah mendapat tanggapan dari Dekan Fisip UNRI. Dr. Syafri Harto.MSi

Menurutnya, demo yang dilakukan mahasiswa dan komponen masyarakat lainya merupakan suatu cara menyalurkan aspirasi dan opini opini yang berkembang di masyakarat. Demo yang dilakukan mahasiswa merupakan hal wajar dan hal yang biasa dalam iklim berdemokrasi, asalkan demo yang dilakukan mahasiswa harus sesuai dengan koridor yang diatur dalam undang undang. Intinya demo yang dilakukan jangan anarkis lah, dan jangan terprovokasi dengan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan momon tersebut untuk kepentingan kelompok tertentu." Saya sebagai Dekan Fisip tidak melarang dan tidak menyuruh. Hanya saja, demo ini sudah diatur dalam undang undang," kata Dekan Fisip UNRI Syafri Harto, Rabu (2/10) ketika diminta komentar mengenai maraknya aksi demo mahasiswa akhir akhir ini.

Dekan Fisip ini menilai, demo yang dilakukan mahasiswa merupakan hal biasa dilakukan bagi mahasiswa dalam menyuarakan pendapatnya. Demo yang dilakukan mahasiswa saat ini masih dalam tingkat kewajaran, masih dalam koridor menyalurkan aspirasi. " Yang tak boleh itu, demo dengan anarkis, merusak fasiltas umum. Yang rugi, tidak hanya pemerintah, tapi juga masyarakat yang akan mengunakan fasilitas umum tersebut. Demo seperti ini yang tak  boleh karena melawan hukum," kata  Syafri.

Menurut Syafri, mahasiswa yang melakukan demo bagi Fisip, dapat diibaratkan labornya Fisip dalam menyuarakan aspirasi dan pendapat dan ini sudah diatur UU. Dalam aturanya, sebelum tahapan demontrasi, ada solusi yang diberikan antara solusi dialog,  audensi dan solusi pertemuan lainya. Namun, ketiga solusi ini buntu dan tidak ada titik terang, maka kebanyakan mahasiswa mengambil jalan terakhir dengan aksi demo." Jadi saya lihat aksi demo mahasiswa ini suatu hal wajar dan biasa. Demo ini diatur UU kok," kata pengamat politik UNRI ini (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid