MENU TUTUP

Libatkan Siswa Tangani Hewan Kurban, SMAN 11 Pekanbaru Sembelih 3 Ekor Sapi

Selasa, 13 Agustus 2019 | 17:45:50 WIB | Di Baca : 1431 Kali
Libatkan Siswa Tangani Hewan Kurban, SMAN 11 Pekanbaru Sembelih 3 Ekor Sapi

 

SeRiau - Penyembelihan hewan kurban disekolah merupakan salah satu media pembelajaran bagi siswa. Banyak ilmu yang didapat dari pelaksanaan kegiatan kurban di sekolah.

" Siswa dapat mengetahui cara yang baik dalam pemotongan hewan kurban, menguliti, memotong, mencincang, menimbang hingga memasukan daging kedalam plastik. Ada ilmu yang didapat dari kegiatan tersebut," kata Kepala SMAN 11 Pekanbaru, Suprapto, didampingi ketua panitia kurban, Rian, Selasa (13/8) di Pekanbaru.

Meski demikian, kata Suprapto, siswa harus tetap di dampingi oleh guru karena siswa belum paham betul teknis pemotongan hewan kurban. Ada siswa yang hanya melihat proses pemotogan hewan kurban di sekolah dan ada juga siswa yang turun langsung aktif memotong dan mencincang. Jumlah kurban tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya." Jika tahun lalu hanya 2 ekor sapi, tahun ini bertambah menjadi 3 ekor sapi," kata Suprapto.

Sementara ketua panitia kurban yang akrab disapa Rian mengatakan peserta kurban berasal dari guru dan orangtua siswa. Pelaksana pemotongan hewan kurban dilakukan guru, osis dan majelis perwakilan kelas. Distribusi daging kurban diberikan kepada warga sekitar yang kurang mampu berdasarkan data yang diserahkan RT dan siswa kurang mampu di sekolah." Disinilah ada rasa kebersamaan rasa peduli dan dan rela berkorban," katanya

Tujuan pemotongan hewan kurban disekolah, bagaimana menanamkan rasa kepedulian, tanggung jawab dan gorong royong. Kedepan, agar jumlah hewan kurban terus meningkat, sekolah akan melakukan tabungan bagi siswa yang ingin berkurban ditahun depan." Ya,mulai september tahun ini sudah bisa menambung tapi khusus kelas X dan XI. Kalau kelas XII tahun depan sudah tamat," kata Rian (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

2

Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik, Pastikan 1.299 Unit Se-Indonesia Siaga Layani Pengguna Mobil Listrik

3

Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau dan Bank BJB Gelar Buka Bersama

4

PLN Siaga Pastikan Keandalan Pasokan Listrik Selama Idul Fitri 1445 H

5

Dukung Mudik Kebangsaan, PT KPI Unit Dumai Turut Melepas Rombongan Pemudik dengan Dua Unit Bus Gratis