MENU TUTUP

Gubernur BI: Teknologi Bisa Jadi Salah Satu Alat Pengendali Inflasi

Kamis, 25 Juli 2019 | 12:11:54 WIB | Di Baca : 1154 Kali
Gubernur BI: Teknologi Bisa Jadi Salah Satu Alat Pengendali Inflasi

SeRiau - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan beberapa daerah di Indonesia telah menggunakan teknologi sebagai salah satu cara untuk mengendalikan inflasi.

Penggunakan teknologi dilakukan baik dari sisi produksi, distribusi dan juga pemasaran. Perry mengatakan, berbagai proses yang meliputi mata rantai pengadaan barang tersebut dapat mengendalikan inflasi dari hulu hingga hilir.

"Adaptasi inovasi kami melihat dengan pengendalian inflasi di berbagai daerah sudah terjadi inovasi-inovas penggunaan teknologi digital," ujar Perry dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Untuk bisa turut berkontribusi untuk mengendalikan inflasi skala nasional yang ditargetkan sebesar 3,5 plus minus 1 persen, Perry mengatakan, inovasi berbasis teknologi tersebut harus bisa direplikasi oleh daerah-daerah lain.

Bahkan, Perry meyakini dengan pengadopasian teknologi informasi tersebut, bisa kian mempersingkat mata rantai dari petani ke konsumen.

"Sehingga manfaat yang banyak dari nilai tambah akan ke petani bukan kepada pedagang di dalam mata rantai," ujar Perry.

Selain teknologi, inovasi dengan model bisnis kerja sama perdagangan anntar daerah juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengendalikan inflasi.

"Kami melihat dari satu provinsi atau satu daerah dari satu daerah ke daerah lain perdagangan antardaerah kini sudah mulai tumbuh dan terus aja, itu bisa kita perluas," ujar dia. (**H)


Sumber: KOMPAS.com


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid