MENU TUTUP

Digugat soal Polusi Udara di DKI, Gubernur Anies Merespons

Jumat, 05 Juli 2019 | 19:54:44 WIB | Di Baca : 1211 Kali
Digugat soal Polusi Udara di DKI, Gubernur Anies Merespons

SeRiau - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan merespons gugatan terhadapnya terkait polusi udara di Ibu Kota. Anies menekankan buruknya kualitas udara di Jakarta disebabkan masifnya penggunaan kendaraan pribadi yang digunakan juga oleh penggugat.

"(Kondisi) kualitas udara ini bukan disebabkan satu, dua profesi saja, tapi oleh kita semua, termasuk teman-teman kita yang melakukan tuntutan hukum," ujar Anies di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat, 5 Juli 2019.

Anies menambahkan, hal itu menjadi salah satu faktor Pemprov DKI mendorong masyarakat untuk berpindah menggunakan transportasi umum. Strategi itu diyakini mengurangi emisi zat buang dari kendaraan-kendaraan pribadi.

"Mari semuanya. Semua dari kita, kurangi penggunaan kendaraan pribadi," ujar Anies.

Maka itu, Anies mengemukakan kembali buruknya kualitas udara Jakarta saat ini merupakan kondisi yang sama-sama disebabkan semua pihak. Penggunaan kendaraan pribadi dinilai memang sudah begitu masif di Jakarta.

"Kita-kita semua senyatanya ikut melakukan kontribusi pada penurunan kualitas udara," ujar Anies.

Sebelumnya, kualitas udara di Jakarta dan sekitarnya dinilai semakin buruk dalam dua pekan terakhir. Jakarta bahkan dalam suatu survei tergolong kota dengan kualitas udara terburuk di dunia

Menurut indeks kualitas udara yang dikeluarkan AQI, kualitas udara di Jakarta sudah memasuki kategori tidak sehat. Level mutu udara PM 2,5 melebihi 65 ug/m3.

Melihat data tersebut, sejumlah warga resmi melayangkan gugatan untuk mendapatkan udara bersih melalui lembaga pemerintahan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Mereka menggugat presiden, menteri, dan sejumlah gubernur seperti Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Banten Wahidin Halim. (**H)


Sumber: VIVA


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

5

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024