MENU TUTUP

KPU: Jokowi Akan Hadiri Penetapan Capres Terpilih, Prabowo Tidak

Sabtu, 29 Juni 2019 | 20:16:27 WIB | Di Baca : 1001 Kali
KPU: Jokowi Akan Hadiri Penetapan Capres Terpilih, Prabowo Tidak

SeRiau - KPU akan menggelar rapat pleno terbuka untuk menetapkan capres-cawapres terpilih Pilpres 2019 pada Minggu (30/6), pukul 15.30 WIB. Kegiatan itu akan digelar di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat. 

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, mengatakan paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf telah memberikan konfirmasi kehadiran dalam penetapan capres-cawapres terpilih. Sementara paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandi dipastikan tidak akan hadir dalam penetapan itu.

"Kita baru saja mendapat informasi paslon 02 tidak hadir, tapi paslon 01 dijadwalkan akan hadir," kata Wahyu saat dikonfirmasi, Sabtu (29/8).

Mengenai ketidakhadiran Prabowo-Sandi, Wahyu mengaku tidak mengetahui alasan paslon nomor urut 02 itu tidak hadir. Konfirmasi yang masuk hanya sebatas paslon 02 tidak akan hadir dalam penetapan besok.

"Informasi yang kita terima tidak ada yang mewakilkan. Ya konfirmasinya begitu, tapi semoga masih ada perubahan sehingga semua paslon bisa hadir," ucap Wahyu. 

Dalam penetapan capres-cawapres terpilih ini, Wahyu menuturkan KPU menyediakan alokasi sebanyak 150 untuk para tamu undangan. Sebanyak 40 kursi akan dibagi menjadi 20 kursi undangan untuk masing-masing paslon baik 01 dan 02.

"Kemudian partai politik peserta pemilu, lembaga-lembaga negara, penyelenggara pemilu, Bawaslu, DKPP, representasi masyarakat, NGO, komisi-komisi negara mitra kerja KPU, Komisi Informasi, Komisi Perlindungan Anak, Komnas HAM termasuk dalam tamu undangan kita," tutur Wahyu.

Lebih lanjut, Wahyu mengatakan dalam penetapan besok, KPU juga akan memberikan waktu untuk capres-cawapres terpilih untuk menyampaikan pidato kepada masyarakat Indonesia setelah menyerahkan salinan penetapan calon terpilih. 

"Itu sambutannya tunggal, penetapan presiden dan wakil presiden terpilih pemilu 2019. Ceremonialnya nanti penyerahan penetapan itu, jadi tidak ada sambutan dari pihak lain," tutur Wahyu.

Berdasarkan hasil rekapitulasi nasional KPU, paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf meraih sebanyak 85.607.362 suara atau sekitar 55,50 persen. Sedangkan paslon 02 Prabowo-Sandi meraih 68.650.239 suara atau 44,50 persen. Adapun jumlah suara sah mencapai 154.257.601 suara. (**H)


Sumber: kumparanNEWS


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

3

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

4

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

5

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga