MENU TUTUP

Kemenhub: Diskon Ojek Online Dilarang Jika Rusak Harga Pasar

Selasa, 11 Juni 2019 | 18:49:10 WIB | Di Baca : 1183 Kali
Kemenhub: Diskon Ojek Online Dilarang Jika Rusak Harga Pasar

SeRiau - Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Budi Setiadi menjelaskan bahwa pemerintah tidak melarang mekanisme diskon yang dilakukan oleh para aplikator ojek online.Namun, mekanisme diskon tersebut diharapkan tidak merusak harga pasar.

Budi tak menampik mekanisme diskon merupakan salah satu langkah pemasaran yang wajar dilakukan dalam bisnis. Namun, dia mengingatkan bahwa mekanisme diskon diharapkan tidak merusak struktur harga yang sudah terbentuk.

"Kan kita punya aturan (tarif) batas bawah, batas atas. Sebetulnya kalau diskonnya dalam range batas atas batas bawah nggak apa-apa juga sih. Tapi kandiskon ini kan akan mengubah skema tarif ini. Itu yang nggak boleh," ujar Budi di Kantor Kementerian Perhubungan, Selasa (11/6).

Budi juga menjelaskan Menteri Perhubungan sudah mengingatkan bahwa mekanisme diskon atau promo harga ojek daring ini perlu diawasi agar tidak menjadi predatory pricing.

"Ada diskon bisa tapi ada waktu khusus dan range harga yang khusus. Jangan kemudian 1 kilometer nol rupiah, itu merusak. Jadi harus ada batasan yang terukur sehingga tidak masuk dalam potensi predatory pricing," ujar Budi.

Menurut Budi, pemerintah akan membahas lebih lanjut persoalan tersebut dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Ia menjelaskan, persaingan sehat dalam bisnis juga perlu ditegakkan agar bisa dirasakan oleh masyarakat.

"Tapi sekali lagi saya akan komunikasi dengan KPPU tapi secara umum emang nggak boleh ada diskon yang merusak range harga yang kita tentukan," ujar Budi. (**H)


Sumber: REPUBLIKA.CO.ID


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

5

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman