MENU TUTUP

Maskapai Murah Diminta Turunkan Tiket 50% dari Tarif Batas Atas

Senin, 13 Mei 2019 | 21:42:39 WIB | Di Baca : 1139 Kali
Maskapai Murah Diminta Turunkan Tiket 50% dari Tarif Batas Atas

SeRiau - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau maskapai berbiaya murah (Low Cost Carrier/LCC) untuk menyesuaikan tarif maksimal 50% dari Tarif Batas Atas (TBA). Tujuannya supaya masyarakat dapat menjangkau harga tiket pesawat.

Asal tahu saja, pemerintah memutuskan untuk menurunkan TBA tiket pesawat antara 12% sampai 16%. Tarif baru ini berlaku efektif sejak ditandatanganinya Peraturan Menteri Perhubungan pada 15 Mei 2019.

"Kami imbau ke maskapai LCC menyesuaikan tarif dan paling tidak kasih ruang tarif harga 50% dari TBA sehingga masyarakat dapatkan tarif terjangkau," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Terkait penyesuaian TBA, mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini akan lebih dulu menyosialisasi kepada stakeholder terkait. Di mana TBA akan diturunkan hingga 12%-16%.

"Kami harus lakukan sosialisasi ke stakeholder agar dalam dua hari bisa diselesaikan dan ditandatangan dan efektif," tuturnya.

Budi mengatakan, dalam 2 bulan terkahir maskapai penerbangan diberikan kesempatan untuk menyesuaikan tarif sehingga harganya terjangkau bagi masyarakat. Namun, hingga saat ini tarif ternyata tetap masih tinggi.

"Pak Menko ajak rapat dan kami (Kemenhub) dalam beberapa kali dapat kunjungan dari Menpar berkaitan dengan dampak (harga tiket) pada pariwisata dan hotel. Yang jelas mereka berharap tarif terjangkau," ujarnya.

Dengan memperhatikan harga pokok penjualan tiket pesawat, mantan Direktur Utama Angkasa Pura II mengatakan, bahwa telah diambil keputusan untuk menurunkan Tarif Batas Atas.

"Kita tetapkan batas grade 12%-16%. Kami juga imbau pada maskapai LCC untuk sesuaikan tarif paling tidak memberikan ruang tarif 50% dari TBA. Sehingga masyarakat dapat tarif yang terjangkau," tuturnya. (**H)


Sumber: Okezone


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

5

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman