MENU TUTUP

Ma'ruf Amin: Pengangguran di Indonesia Terendah dalam 20 Tahun Terakhir

Ahad, 17 Maret 2019 | 22:28:46 WIB | Di Baca : 1260 Kali
Ma'ruf Amin: Pengangguran di Indonesia Terendah dalam 20 Tahun Terakhir

SeRiau - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin mengatakan kualitas tenaga kerja akan disiapkan optimal agar mampu bersaing dengan tenaga kerja asing melalui merevitalisasi pendidikan.

"Kita akan revitalisasi SMK, politeknik, akademisi dan kita kerjasamakan dengan dunia usaha supaya ada link and match," katanya dalam debat ketiga cawapres Pemilu 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Ma'ruf juga berjanji akan mengembangkan tempat-tempat pelatihan, kursus, menyiapkan balai latihan kerja, dan magang di BUMN. Kursus tersebut nantinya akan mengarahkan calon tenaga kerja agar mampu mengaplikasikan sistem digital, baik kursus yang sifatnya kepintaran, kecakapan dan kebugaran.

Dengan adanya sertifikasi tenaga kerja lanjut dia, maka upaya peningkatan kemampuan sumber daya manusia bisa dilakukan, sehingga mampu bersaing dengan tenaga kerja asing. Saat ini, menurut dia, Undang-undang Ketenagakerjaan kini sudah bergeser ke perlindungan tenaga kerja bukan hanya sekadar mengambil manfaat saja.

"Mari kita bersyukur tingkat pengangguran kita rendah 5,13 hingga 5,70 persen (jumlah angkatan kerja-red), terendah selama 20 tahun terakhir," lanjutnya.

Selain itu, Ma'ruf menambahkan bahwa pihaknya akan mendorong tenaga kerja untuk mampu menguasai teknologi, terutama digital. Pemerintah sudah bisa membangun berbagai infrastruktur laut, darat dan 'langit' atau digital.

"Kita siapkan agar mereka bisa hadapi 10 years challenge," kata Ma'ruf menandaskan. (**H)


Sumber: Okezone


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau dan Bank BJB Gelar Buka Bersama

2

PLN Siaga Pastikan Keandalan Pasokan Listrik Selama Idul Fitri 1445 H

3

Dukung Mudik Kebangsaan, PT KPI Unit Dumai Turut Melepas Rombongan Pemudik dengan Dua Unit Bus Gratis

4

Rangkaian Ramadan Ceria UMRI Ditutup dengan Buka Puasa Bersama

5

Disponsori Perusahaan Migas, DPP PKWACI Sukses Buat Acara Berbuka Puasa dan Berbagi Paket Lebaran