MENU TUTUP

261 Siswa SMP/MTs Pekanbaru Berebut Tiket OSN Provinsi. Peserta Ngaku Soal Lumayan Sulit

Ahad, 17 Maret 2019 | 10:05:31 WIB | Di Baca : 2385 Kali
261 Siswa SMP/MTs Pekanbaru Berebut Tiket OSN Provinsi. Peserta Ngaku Soal Lumayan Sulit

 

SeRiau - Sebanyak 261 siswa SMP/MTs Kota Pekanbaru mengikuti seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN)Tingkat Kota, Sabtu (16/3) pagi. Kegiatan yang diadakan di SMPN 4 Pekanbaru ini, dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru H. Abdul Jamal.MPd.

Kepala Bidang SMP Kota Pekanbaru, Nurbaiti MPd mengatakan masing masing sekolah mengirimkan 3 orang peserta untuk mata pelajaran yang dilombakan yakni IPA, IPS dan Matematika. Peserta yang mendapat rangking 1, 2 dan 3 tertinggi setiap bidang lomba, berhak mewakili Pekanbaru di OSN Provinsi. 

Tujuan seleksi OSN ini, kata Nurbaiti guna mengembangkan minat dan bakat peserta didik dalam bidang sains, menumbuhkembangkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan produtif, sebagai bekal dalam kehidupan. 

Kegiatan ini juga untuk memotovasi sekolah agar berperan aktif dalam memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar bidang sains.

" Selain merebut tiket ke OSN provinsi, kegiatan ini untuk mengukur prestasi siswa dalam menyerap dan menguasai mata pelajaran yang diberikan di sekolah. Ya mudah-mudahan tahun ini siswa kita bisa merebut tiket ke OSN provinsi dan nasional lebih banyak lagi," kata Nurbaiti di sela kegiatan OSN di SMPN 4 Pekanbaru

Beberapa peserta mengaku soal seleksi OSN lumayan sulit. Seperti yang diutarakan Tanaya dan Sabrina. Dua siswa perwakilan dari SMPN 4 Pekanbaru ini mengaku soal mata pelajaran IPS dan IPA lumayan sulit. Walaupun ada beberapa soal yang keluar diajarkan oleh sekolah. Tanaya misalnya, yang ikut seleksi bidang IPS, mengatakan jumlah soal IPS 60 butir dengan waktu ujian 120 menit." Meskipun lumayan sulit, tapi saya bisa mengerjakan seluruh soal. Waktu yang digunakan cukup," kata Tanaya siswa kelas VIII SMPN 4 Pekanbaru usai seleksi

Hal yang sama juga dikatakan oleh Sabrina, siswa yang mengikuti seleksi OSN bidang IPA ini mengatakan soal IPA juga lumayan sulit hanya saja soal IPA lebih sedikit dibandingkan dengan soal IPS yakni hanya 50 butir." Lumayan sulit soalnya Om, tapi saya bisa mengerjakan semua soal," kata Sabrina dengan optimis bisa menjadi yang terbaik

Widianto siswa SMPN 7 Pekanbaru yang ikut bidang  IPA mengharapkan bisa lolos seleksi OSN Provinsi meskipun seleksi yang dihadapi mendapat persaingan dari siswa lainnya." Soal IPA lumayan sulit tapi saya bisa mengerjakan soalnya. Berharap bisa menjadi yang terbaik dan lolos ke OSN Provinsi," kata Widianto. (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid