MENU TUTUP

Perang Dagang AS-China Segera Berakhir, Wall Street Menguat

Senin, 04 Maret 2019 | 21:52:19 WIB | Di Baca : 1203 Kali
Perang Dagang AS-China Segera Berakhir, Wall Street Menguat

SeRiau - Kesepakatan perdagangan antara Amerika Serikat (AS)-China mulai menemui titik terang. Diperkirakan perang dagang akan berakhir pada bulan ini. Sentimen akan berakhirnya perang dagang AS-China membuat Wall Street menguat pada perdagangan di awal pekan.

Melansir Reuters, Jakarta, Senin (4/3/2019), optimisme berakhirnya perang dagang AS-China setelah adanya laporan yang mengatakan bahwa Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akan menandatangani pakta perdagangan resmi pada pertemuan puncak sekitar 27 Maret.

Kedua negara tampaknya sepakat dengan perjanjian yang akan menurunkan tarif AS atas barang-barang China senilai setidaknya USD200 miliar, karena Beijing membuat janji tentang perubahan ekonomi struktural dan menghapuskan tarif. Demikian sumber kepada Reuters.

Saham-saham yang sensitif imbas perang tarif ini naik, seperti Boeing Co dan Caterpillar masing-masing naik 0,7% dan 0,9%, sementara saham chip, seperti Intel Corp, Advanced Micro Devices Inc dan Micron Technology Inc naik masing-masing 1,1% dan 1,4%.

Sementara itu, saham big caps yang disebut FAANG - Facebook Inc, Amazon.com Inc, Apple Inc, Netflix Inc dan Alphabet Inc juga naik antara 0,4% dan 0,9%.

"Ada anggapan bahwa ada beberapa kesepakatan yang bisa dicapai dengan China dan AS. Tapi pasar belum merayakannya karena kesepakatan itu belum terungkap," kata Manajer Portofolio Senior Fort Pitt Capital Group Kim Forrest.

"Investor sekarang melihat bidang yang akan menguntungkan, seperti teknologi, karena mungkin ada beberapa penjualan di bidang itu yang telah ditunda," ujarnya.

Optimisme berakhirnya perang dagang juga didukung sikap dovish Federal Reserve yang telah mendorong kenaikan kuat di saham, dengan benchmark S&P 500 naik 11,8% tahun ini dan sekitar 4,5% dari rekor penutupan tertinggi pada September.

Pekan lalu, Nasdaq membukukan kenaikan mingguan terpanjang sejak akhir 1999. Sementara itu, S&P 500 menembus level 2.800 beberapa minggu lalu sebelum ditutup di atas angka itu pada hari Jumat untuk pertama kalinya sejak 8 November.

Tercatat, indeks S&P 500 naik 8,5 poin, atau 0,3%. Indeks Dow naik 83 poin, atau 0,32% indeks dan Nasdaq 100 naik 37,25 poin, atau 0,52%.

Di antara penggerak lainnya, saham Kraft Heinz Co naik 2,2% setelah broker Morgan Stanley menaikkan peringkat pada sahamnya. Tesla Inc juga naik 1,4% setelah Chief Executive Officer Elon Musk mengatakan pembuat mobil listrik akan mengungkap Model Y pada 14 Maret. (**H)


Sumber: Okezone


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

2

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

3

Sambut Mudik 2024, PLN Tambah 5 SPKLU di Riau

4

Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik, Pastikan 1.299 Unit Se-Indonesia Siaga Layani Pengguna Mobil Listrik

5

Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau dan Bank BJB Gelar Buka Bersama