MENU TUTUP

Pelaksanaan UNBK Tingkat SMP capai 78 Persen

Kamis, 31 Januari 2019 | 23:04:50 WIB | Di Baca : 1486 Kali
Pelaksanaan UNBK Tingkat SMP capai 78 Persen

SeRiau - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP  di Kota Pekanbaru melebihi target yang ditetapkan pemerintah pusat sebesar 75 persen.  Selain itu,  Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru sudah mendata, 78 persen SMP negeri/swasta melaksanakan UNBK tahun ini.

Bahkan dibandingkan tahun sebelumnya, untuk Kota Pekanbaru mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dimana Tahun sebelumnya UNBK di Kota Pekanbaru meng-cover sekitar 40 persen SMP yang mengikuti UNBK.

“Alhamdulillah pelaksana UNBK kita sudah 78 persen. Walaupun ada yang mandiri dan menumpang. Tetapi itu sudah melebihi dari target yang ditetapkan pemerintah pusat yaitu 75 persen. Dan jumlah tersebut juga meningkat dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Kepala Disdik Kota Pekanbaru, H. Abdul Jamal, M.Pd.

Meski telah melebihi dari target yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, namun Disdik Pekanbaru tetap berharap ke depannya sekolah pelaksanaan UNBK bisa 100 persen.

“Tahun ini, sekolah yang melaksanakan UNBK sebanyak 127 sekolah baik SMP negeri dan swasta serta MTs negeri dan MTs swasta juga. Kalau MTs baik negeri dan swasta sudah semua UNBK tahun ini,” terang Jamal.

Lanjut Jamal,  sejauh ini persiapan UN di Kota Pekanbaru telah berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan.

"Berapa persennya persiapan, yang jelas kita telah melalui tahapan-tahapannya. Pendataan siswa SMP/MTS yang akan mengikuti UN, verifikasi daftar nominasi tetap (DNT), verifikasi daftar nominasi sementara (DNS), sekolah yang UNBK ataupun tidak telah kita daftarkan," ungkap Jamal.

Ditambahkan Jamal, meski demikan pihaknya  sudah sosialisasi beberapa kali pertemuan dengan kelompok sekolah SMP, dan kelompok kepala sekolah MTS sederajat untuk mensosialisaikan pelaksanaan UNBK.

''Kami sudah berkoordinasi dengan PLN untuk memastikan listrik bisa mengalir selama pelaksanaan UNBK," harap Jamal.

Berdasarkan data sekolah yang melaksanakan UNBK di antaranya, SMP negeri sebanyak 39 sekolah, SMP swasta 58 sekolah, MTs negeri ada 3 sekolah, dan MTs swasta 27 sekolah.

Sedangkan sekolah yang masih melaksanakan ujian nasional kertas dan pensil (UNKP) berjumlah 35 SMP. Tiga SMP negeri dan 32 SMP swasta. (**H)


Sumber: Pekanbaru.Go.Id


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

NasDem Usung H Bistamam - Jhony Charles bertarung di Rokan Hilir

2

PPDB Jalur Bosda Afirmasi SMA/SMK Swasta Diperpanjang Hingga 10 Juli

3

15 Anak Autis Ikut Khitanan Massal IDI Cabang Pekanbaru dan ULD Disdik Riau

4

Dua Bersaudara Perenang Riau Aquatic Pekanbaru Raih Medali Emas di Brunei

5

35 Siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru Berkemajuan Lulus SNBT, Dua Siswa Lulus Kedokteran UGM dan UNAND