MENU TUTUP

Pelaksanaan UNBK Tingkat SMP capai 78 Persen

Kamis, 31 Januari 2019 | 23:04:50 WIB | Di Baca : 1428 Kali
Pelaksanaan UNBK Tingkat SMP capai 78 Persen

SeRiau - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP  di Kota Pekanbaru melebihi target yang ditetapkan pemerintah pusat sebesar 75 persen.  Selain itu,  Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru sudah mendata, 78 persen SMP negeri/swasta melaksanakan UNBK tahun ini.

Bahkan dibandingkan tahun sebelumnya, untuk Kota Pekanbaru mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dimana Tahun sebelumnya UNBK di Kota Pekanbaru meng-cover sekitar 40 persen SMP yang mengikuti UNBK.

“Alhamdulillah pelaksana UNBK kita sudah 78 persen. Walaupun ada yang mandiri dan menumpang. Tetapi itu sudah melebihi dari target yang ditetapkan pemerintah pusat yaitu 75 persen. Dan jumlah tersebut juga meningkat dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Kepala Disdik Kota Pekanbaru, H. Abdul Jamal, M.Pd.

Meski telah melebihi dari target yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, namun Disdik Pekanbaru tetap berharap ke depannya sekolah pelaksanaan UNBK bisa 100 persen.

“Tahun ini, sekolah yang melaksanakan UNBK sebanyak 127 sekolah baik SMP negeri dan swasta serta MTs negeri dan MTs swasta juga. Kalau MTs baik negeri dan swasta sudah semua UNBK tahun ini,” terang Jamal.

Lanjut Jamal,  sejauh ini persiapan UN di Kota Pekanbaru telah berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan.

"Berapa persennya persiapan, yang jelas kita telah melalui tahapan-tahapannya. Pendataan siswa SMP/MTS yang akan mengikuti UN, verifikasi daftar nominasi tetap (DNT), verifikasi daftar nominasi sementara (DNS), sekolah yang UNBK ataupun tidak telah kita daftarkan," ungkap Jamal.

Ditambahkan Jamal, meski demikan pihaknya  sudah sosialisasi beberapa kali pertemuan dengan kelompok sekolah SMP, dan kelompok kepala sekolah MTS sederajat untuk mensosialisaikan pelaksanaan UNBK.

''Kami sudah berkoordinasi dengan PLN untuk memastikan listrik bisa mengalir selama pelaksanaan UNBK," harap Jamal.

Berdasarkan data sekolah yang melaksanakan UNBK di antaranya, SMP negeri sebanyak 39 sekolah, SMP swasta 58 sekolah, MTs negeri ada 3 sekolah, dan MTs swasta 27 sekolah.

Sedangkan sekolah yang masih melaksanakan ujian nasional kertas dan pensil (UNKP) berjumlah 35 SMP. Tiga SMP negeri dan 32 SMP swasta. (**H)


Sumber: Pekanbaru.Go.Id


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

2

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

3

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

4

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

5

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H