MENU TUTUP

Gerindra Bisa Calonkan Wagub DKI jika Kader PKS Tak Lulus "Fit and Proper Test"

Senin, 05 November 2018 | 20:42:36 WIB | Di Baca : 1109 Kali
Gerindra Bisa Calonkan Wagub DKI jika Kader PKS Tak Lulus

SeRiau - Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik mengatakan, Gerindra masih berpeluang mengusulkan calon wakil gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno.

Peluang itu ada ketika kandidat-kandidat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak lulus fit and proper test.

"(Peluang Gerindra) ya terbuka dong, masa enggak terbuka. Nanti kalau (calon dari PKS) tidak lulus misalnya ya, kita berembuk lagi," ujar Taufik di kantor DPD Gerindra DKI, Jalan Letjend Suprapto, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (5/11/2018).

Taufik menjelaskan, DPD Gerindra DKI dan DPW PKS DKI akan membentuk badan khusus untuk melakukan fit and proper test. Masing-masing partai akan menunjuk dua orang untuk menjadi anggota badan itu.

PKS kemudian akan mengusulkan beberapa kadernya untuk mengikuti fit and proper testtersebut.

Badan itu nantinya akan memutuskan dua kader PKS hasil fit and proper test yang dicalonkan sebagai kandidat wagub untuk dipilih melalui mekanisme pemungutan suara di DPRD DKI Jakarta.

Namun, jika calon dari PKS tidak lulus fit and proper test, DPD Gerindra dan DPW PKS DKI akan kembali rapat untuk menentukan langkah berikutnya. Saat itulah Gerindra berpeluang mencalonkan wagub DKI.

"Kan enggak serta merta juga PKS, jadi harus lewat fit and proper, kan belum tentu mereka lulus dalam fit and proper," kata Taufik.

Menurut Taufik, salah satu kriteria agar lulus fit and proper test yakni memahami soal Jakarta.

"Saya kira harus yang memahami soal Jakarta. Yang kedua, saya kira paham soal pemerintahan. Soal pemerintahan aja enggak cukup kalau enggak paham soal ke-Jakarta-an," ucapnya.

Adapun kursi wakil gubernur DKI Jakarta masih kosong setelah ditinggalkan Sandiaga Uno yang mengundurkan diri untuk maju sebagai calon wakil presiden pada Pemilihan Presiden 2019.

Partai pengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga pada Pilkada DKI Jakarta 2017, Gerindra dan PKS, harus mengusulkan dua nama kandidat wagub baru untuk dipilih melalui DPRD DKI Jakarta. (**H)


Sumber: KOMPAS.com


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H

5

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H