MENU TUTUP

8 SMA di Pekanbaru Ikuti Debat Kebangsaan di UIR

Sabtu, 01 September 2018 | 17:49:02 WIB | Di Baca : 1479 Kali
8 SMA di Pekanbaru Ikuti Debat Kebangsaan di UIR

 

SeRiau - Delapan Sekolah Menengah Atas di Kota Pekanbaru mengikuti Kompetisi Debat antar SMA yang ditaja Universitas Islam Riau dalam rangka Dies Natalis ke-56 UIR. Kegiatan bertajuk, ''Karakter Kebangsaan' yang rencananya akan dibuka Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.H ini akan berlangsung di Fakultas Hukum pada Senin (3/9).

Penanggung jawab Panitia Debat, S. Parman,  S.H., menyebutkan kedelapan peserta yang bertarung merupakan hasil seleksi ketat oleh tim penyelenggara dengan melibatkan para pihak yang berpengalaman di bidang hukum. 

''Kami berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada peserta debat agar pelaksanaan Dies Natalis UIR berjalan sukses,'' kata Parman didampingi Ketua Panitia Debat Aryo Akbar, S.H., M.H. Kedelapan SMA yang lolos itu masinig-masing SMA Negeri 1, SMAN 5, SMAN 8, SMAN 9, SMAN 12, MAN 1, SMA Kalam Kudus dan SMAN Olahraga Provinsi Riau.

Kegiatan debat juga diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kualitas generasi muda dalam menjaga keutuhan bangsa yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Wakil Dekan III Fakultas Hukum ini menjelaskan, kualitas generasi muda harus terus kita dorong di tengah adanya ancaman kemerosotan moral akibat munculnya paham-paham radikalisme, dan faktor-faktor lain. ''Semua kemunculan tersebut dapat mengganggu peningkatan kualitas generasi muda,'' ujar Parman.

Parman berharap, peserta debat dapat memahami materi perdebatan yang tema- temanya telah diberikan oleh panitia. Ia menyebut, pelaksanaan debat berlangsung dalam dua posisi. Satu kelompok berada dalam posisi pro dan lainnya di posisi kontra. ''Dewan juri akan menilai sejauhmana penguasaan materi dari masing-masing peserta sesuai dengan posisi mereka dalam arena perdebatan,'' tambah Parman.

Fakultas Hukum Universitas Islam Riau telah cukup berpengalaman menyelenggarakan kompetisi debat. Bahkan, fakultas tertua di Universitas Islam Riau itu pernah ditunjuk sebagai host Kompetisi Debat Konstitusi yang diselenggarakan Mahkamah Konstitusi RI tahun lalu. Tak hanya itu, mahasiswa-mahasiswa fakultas hukum juga memiliki pengalaman panjang mengikuti kompetisi serupa. Diantaranya Dedy Gusniawan, Egy Primatama dan Elsi Silviana. ''Ketiga mahasiswa itu kita libatkan sebagai panitia pelaksana,'' tambah Aryo Akbar menimpali.*rls


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid