MENU TUTUP

Darmin Optimistis Ekonomi Kuartal II Tumbuh Lebih Tinggi

Rabu, 25 Juli 2018 | 16:38:04 WIB | Di Baca : 1243 Kali
Darmin Optimistis Ekonomi Kuartal II Tumbuh Lebih Tinggi

SeRiau - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2018 bisa mencapai 5,2 sampai 5,3 persen.

Hal itu didukung oleh sejumlah hal, di antaranya dari sektor pertanian yang bertepatan dengan panen raya serta dari perhelatan Pilkada serentak.

"Walaupun pertumbuhan pertanian enggak pernah tinggi, panen kita itu bergeser dari yang biasanya kuartal I ke kuartal II. Tadinya di bulan Februari dan Maret, tahun ini di bulan April dan Mei. Itu akan mendorong pertumbuhan kuartal II relatif lebih tinggi," kata Darmin saat ditemui di kantornya, Rabu (25/7/2018).

Menurut Darmin, faktor Pilkada serentak juga turut andil mendorong pertumbuhan ekonomi kuartal II. Hal itu kemungkinan besar tercermin dari tingkat konsumsi rumah tangga yang akan tumbuh lebih tinggi, dengan indikasinya dari pertumbuhan bisnis ritel modern yang semakin membaik.

"Jadi, kalau ditanya berapa kira-kira (pertumbuhan ekonomi kuartal II), saya perkirakan antara 5,2 sampai 5,3 persen. Antara itu, ya tingginya 5,3 persen dan rendahnya 5,2 persen," tutur Darmin.

Darmin turut menyinggung tentang cuti bersama menjelang Hari Raya Idul Fitri yang panjang dan dampaknya terhadap ekspor impor. Menurut dia, panjangnya masa cuti bersama jelang Lebaran pasti berpengaruh terhadap kegiatan ekspor impor saat itu, namun dinilai tidak terlalu signifikan.

"Kalau ekspor impornya ya ada pengaruhnya, tapi mungkin tidak terlalu besar. Sementara, biasanya impornya itu sudah dilakukan jauh sebelum puasa. Jadi, saya melihat kalau digabung semua faktor itu, paling tidak (pertumbuhan ekonomi) bisa mencapai 5,2 persen," ujar Darmin.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan saat rapat dengan Badan Anggaran di DPR RI mengestimasi pertumbuhan ekonomi semester I sebesar 5,1 persen. Sedangkan prediksi pertumbuhan ekonomi di semester II nanti diperkirakan 5,3 persen sehingga secara keseluruhan pertumbuhan ekonomi tahun 2018 akan mencapai 5,2 persen.

Perkiraan tersebut lebih rendah dari target pertumbuhan ekonomi di APBN 2018 yang sebesar 5,4 persen. (**H)


Sumber: KOMPAS.com


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H

5

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H